Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru
Jakarta (ANTARA News) - Trafik data Indosat Ooredoo saat malam perayaan Tahun Baru 2019 sebesar 6.730 TeraBytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa dan meningkat 71,7 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

"Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian Tahun Baru," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kenaikan trafik telekomunikasi layanan data mencapai puncak peningkatannya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada  1 Januari 2019 (dinihari). Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai Losari Makassar.

Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit per hari (atau 37,49 juta Erlang per hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

Baca juga: Hadapi libur Natal-Tahun Baru, Indosat tingkatkan kapasitas layanan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019