Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengisi hari pertama pada tahun 2019 dengan meninjau langsung Kali Sunter dan Kampung Kangkungan, RT 13, RW 01, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu. 
     
Anies didampingi jajaran dari dinas terkait langsung melihat kondisi terkini Kali Sunter dengan mendatangi Rumah Pompa Danau Sunter. 
     
“Terkait dengan Kali Sunter, tadi kita lihat bahwa limbah deterjen dari berbagai sumber khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi (intesitasnya), dan ini yang harus ditangani secara komprehensif,” kata Anies.
     
Usai meninjau Kali Sunter, Gubernur menuju Kampung Kangkungan, yang kemudian disambut hangat oleh warga. Warga mengaku terkesan dengan kondisi kampung yang ditata rapi secara mandiri atas kerja sama seluruh masyarakat. 
     
"Kita menyaksikan sebuah kampung yang ditata secara mandiri oleh warga, dengan dibantu oleh teman-teman aktivis civil society, khususnya ITDP yang sekarang bantu di sini. Kita menyaksikan bahwa warga itu bisa memberikan solusi-solusi praktis yang dihadapi di kampungnya,” kata Anies.
     
Dia mengapresiasi kolaborasi dan keterlibatan antar warga, terutama para ibu PKK, anggota karang taruna, para Ketua RT yang dipimpin Ketua RW. Menurutnya hal tersebut adalah salah satu contoh yang harapannya dapat dilakukan di banyak tempat di Jakarta. 
     
“Kuncinya adalah pemerintahnya memfasilitasi. Kami akan lakukan ini di banyak tempat dan dari pengalaman ini diperluas. Inilah yang kita bayangkan sebagai kolaborasi dalam membangun perkampungan,” kata Anies.

Baca juga: Anies tinjau pembersihan kawasan Monas usai perayaan tahun baru

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019