counter

Bakti sosial di Kampung Aroanop-Papua digelar TNI-Polri

Bakti sosial di Kampung Aroanop-Papua digelar TNI-Polri

Prajurit TNI berbincang dengan warga saat menunggu antrean berobat di puskesmas Ayam di kampung Bayiwpinam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (26/1/2018). Menurut catatan puskesmas bulan Oktober 2017 hingga Januari 2018 tercatat sebanyak 34 pasien rawat jalan karena menderita campak. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Puncak kegiatan bakti sosial akan digelar pada Kamis (3/1). Namun pengobatan gratis sudah berjalan pada Rabu (2/1) ini
Timika, Papua (ANTARA News) - TNI dan Polri yang terdiri dari Satuan Tugas Naggala, Kodim 1710 dan Polres Mimika menggelar bakti sosial di Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Dandim 1710 Mimika, Letkol (Inf) Pio L Nainggolan di Timika, Rabu mengatakan, puncak kegiatan bakti sosial akan digelar pada Kamis (3/1). Namun pengobatan gratis sudah berjalan pada Rabu (2/1) ini.

"Bakti sosial berupa pemberian paket sembako, enam ekor babi, permen, pinang dan kegiatan pengobatan massal. Pengobatan massal sudah mulai berjalan hari ini, sedangkan gaungnya akan dilaksanakan pada Kamis (3/1)," katanya.

Ia mengatakan kegiatan bakti sosial dalam suasana Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 tersebut merupakan kegiatan lanjutan setelah menggelar kegiatan yang sama di Kampung Waa/Nanti, Distrik Tembagapura.

Kampung Aroanop, kata dia, dipilih sebagai tempat kegiatan bakti sosial lantaran merupakan salah satu tempat pelarian Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada waktu pembebasan sandera di Kampung Nanti pada November 2017 yang menimbulkan keresahan kepada masyarakat.

"Dengan demikian untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri maka TNI dan Polri menggelar bakti sosial di sana, apalagi bertepatan dengan suasana Natal dan Tahun Baru 2019," ujarnya.

Kendati Aroanop sempat menjadi tempat pelarian KKSB, Dandim mengatakan kegiatan masyarakat di sana berjalan normal dan kondusif.

Sekolah dan Puskesmas berjalan dengan baik, hanya saja masih dalam suasana Natal dan Tahun Baru sehingga petugas sedang berlibur ke Timika.

Ia berharap agar dengan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat terisitimewa dengan pemeriksaan kesehatan, masyarakat yang sakit dapat memperoleh kesembuhan.



Baca juga: TNI-Polri kuasai lagi kampung-kampung yang diganggu KKB di Papua

Baca juga: KRI Slamet Riyadi perkuat pengamanan Mimika

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar