counter

BPBD NTB luncurkan aplikasi siaga bencana

BPBD NTB luncurkan aplikasi siaga bencana

Ketua pengembang aplikasi Gotro, Anggri Setiawan menunjukkan aplikasi Gotro saat peluncuran aplikasi informasi kebencanaan bernama "Gotro" di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jumat (18/5/2018). Aplikasi karya akademisi UGM dengan tiga menu utama yaitu informasi bencana, posko dan donasi itu guna mempermudah mitigasi bencana alam. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Mataram  (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat meluncurkan sebuah aplikasi siaga bencana atau diberi nama "SiAGA NTB".

"Aplikasi ini untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana," kata Kepala BPBD NTB H Mohammad Rum di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan aplikasi tersebut dirancang dan dioperasikan serta dikelola oleh BPBD NTB.

"Dalam aplikasi ini berisikan fitur-fitur soal laporan bencana, artinya masyarakat bisa melaporkan kejadian bencana di lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Selain itu, kata Rum, terdapat info bencana, sehingga masyarakat bisa mendapat informasi secara valid dan akurat tentang kejadian bencana.

Selanjutnya berkaitan dengan info SOP yakni berisikan pengetahuan tentang standard operasional dalam keadaan darurat.

Bahkan, di dalam aplikasi SiAGA NTB juga disediakan nomor penting yang bisa dihubungi dalam keaadaan darurat dan info terkini tentang cuaca. Termasuk soal Info donor darah dimana masyarakat bisa menemukan pendonor darah di radius tertentu.

"Jadi aplikasi ini sudah tersedia di play store. Silahkan, tinggal masyarakat download SiAGA NTB, langsung terinstall," ungkapnya.

Menurut Rum, aplikasi tersebut akan diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB pada awal Januari 2019.

"Insya Allah, rencananya Jumat atau Minggu mendatang secara resmi akan diluncurkan," katanya.

Baca juga: BMKG kembangkan aplikasi pantau aktivitas Gunung Anak Krakatau
Baca juga: UGM luncurkan aplikasi informasi posko korban bencana

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aplikasi mitigasi bencana karya pemuda NTB

Komentar