Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran
Jakarta (ANTARA News) - Trafik penggunnaan layanan data XL Axiata mulai 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 mencatat kenaikan 83 persen dibandingkan hari normal, dengan kenaikan tertinggi pada 23 Desember 2018 sebesar 40 persen dan 1 Januari 2019 mencapai 83 persen.

"Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan, hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Jalan-jalan di Ibu Kota Jakarta menjadi lengang, sementara itu, jalan menuju luar kota menjadi padat," kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Melalui sistem monitoring jaringan, perusahaan melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi.

Trafik penggunaan layanan di banyak area luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, maka perusahaan meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 titik yang mencakup wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan Tahun Baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.

Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatrra, Jakarta, Kota Bandung, dan Jalan Tol Trans-Jawa.

Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211 persen, Kabupaten Deli Serdang 140 persen dan Kota Medan 115 persen.

Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah yang banyak komunitas Nasrani seperti Medan mengalami peningkatan trafik sebesar 35 persen, Manado 55 persen, dan Kupang 37 persen.

Sementara itu, area-area lokasi wisata popular yang mengalami kenaikan trafik antara lain Pangandaran sebesar 91 persen, Bali 87 persen, Lombok 80 persen, dan Danau Toba 310 persen.

Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165 persen. Pada malam Natal, dari jenis layanan, selain instant messaging yang naik 540 persen dari hasi biasa, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (social networking service) 125 persen dan gaming naik 122 persen  

"Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapan Natal dan tahun baru," katanya.

Saat ini, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan pelanggan data mencapai sekitar 80 persen dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu kilometer.

Jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 422 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga: Ingin sapi gemuk, XL Axiata siapkan Satwa Nusantara
Baca juga: XL Axiata komitmen perluas jaringan di luar Jawa

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019