counter

UMY resmikan laboratorium penelitian kedokteran dan terapi molekuler

UMY resmikan laboratorium penelitian kedokteran dan terapi molekuler

Dokter memeriksa gigi saat kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), DI Yogyakarta, Kamis (20/10/2016). Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang diikuti 1000 pasien dewasa dan 150 pasien anak-anak tersebut digelar sebagai kegiatan edukasi pencegahan dini terhadap penyakit gigi dan mulut seperti gigi berlubang (caries) yang banyak terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansya)

Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meresmikan Molecular Medicine And Therapy Reserch Laboratory atau Laboratorium Penelitian Kedokteran Dan Terapi Molekuler di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UMY Yogyakarta, Kamis.

"Molecular Medicine And Therapy Reserch Laboratory (MMT Lab) memiliki tujuan utama menghasilkan hal-hal yang bisa digunakan langsung kepada para pasien yang ada di RSGM UMY," kata Kepala MMT Lab Arya Adiningrat.

Menurut dia, MMT Lab merupakan fasilitas yang dibangun oleh UMY yang berada dan dikelola oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY. MMT Lab menyediakan fasilitas untuk melakukan penelitian dan melakukan pengujian sampel yang telah diteliti.

"Laboratorium itu ke depan diharapkan bisa menjadi pusat riset UMY atau pihak lain yang bisa berguna bagi para pasien. Hal itu kami tegaskan melalui motto kami yaitu From Bench To Bedside," katanya.

Ia mengatakan MMT Lab memiliki empat tahap pengembangan, yang harapannya nanti ketika sudah sampai pada tahap pengembangan terakhir, bisa berfungsi secara maksimal.

"Pada tahap pertama, kami menyiapkan seluruh fasilitas alat dan sampel penelitian valid yang nantinya akan dibutuhkan untuk melakukan riset," kata Arya.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan UMY selalu berupaya untuk menjadi institusi pendidikan yang mengikuti perkembangan zaman. Dengan dibangunnya laboratorium itu diharapkan perkembangan sains yang ada di UMY bisa semakin maju.

Ia mengharapkan adanya kolaborasi dari berbagai bidang seperti kedokteran dengan pertanian untuk melakukan penelitian bersama.

"Kita harus percaya bahwa MMT Lab bisa menjadi unggulan. Saya pun membayangkan bahwa kerja sama antardisiplin ilmu bisa terjalin di kemudian hari," kata Gunawan.

Menurut dia, MMT Lab memiliki fungsi untuk pembelajaran dan penelitian oleh berbagai pihak. MMT Lab dapat digunakan oleh berbagai pihak, baik dari kalangan UMY sendiri maupun dari luar UMY.

Baca juga: Program Studi doktor manajemen dibuka di UMY
Baca juga: UMY dapatkan hibah bioskop keliling dari Kemdikbud
Baca juga: UMY latih pengelola jurnal ilmiah operasikan OJS

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar