Sebanyak 61 kali di antaranya dirasakan, tetapi tidak menimbulkan kerusakan fasilitas lainnya
Ambon, (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon mencatat sebanyak 1.587 kali gempa bumi mengguncang Provinsi Maluku sepanjang tahun 2018.

"Sebanyak 61 kali di antaranya dirasakan, tetapi tidak menimbulkan kerusakan fasilitas lainnya," kata Kepala Seksi Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon Andi Ashar, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, kejadian gempa mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017, yakni sebanyak 1.392 kali gempa dan yang dirasakan 58 kali gempa.

"Data statistik gempa bumi di wilayah Maluku selama 10 tahun terakhir tercatat bahwa di tahun 2018 merupakan yang terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Andi menjelaskan, gempa yang terjadi di wilayah Maluku disebabkan adanya aktivitas pelepasan energi di zona tumbukan lempeng serta di zona-zona patahan aktif yang ada di wilayah Maluku.

Walaupun terjadi gempa bumi yang cukup banyak, katanya, tetapi gempa yang terjadi tidak menimbulkan kerusakan dan berpotensi tsunami.

"Jumlah gempa yang terjadi di Maluku cukup banyak sepanjang tahun 2018, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, bahkan berpotensi tsunami," ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan magnitudo sepanjang tahun 2018, yang terbanyak di bulan Oktober sebanyak 199 kali, yakni gempa yang dirasakan sembilan kali.

"Gempa yang terjadi dengan kekuatan kurang dari tiga magnitudo sebanyak 97 kali, di antara 3 hingga 5 magnitudo sebanyak 99 kali dan lebih dari 5 magnitudo sebanyak tiga kali," tandas Andi.

Maluku, tambahnya. merupakan wilayah yang rawan gempa dan tsunami, karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu lempeng Pasifik. Pertemuan dua ini membuat terjadinya patahan yang tidak beraturan.

"Karena itu kita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang ketika terjadi gempa dan tak perlu panik, tetapi terus waspada dan mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD setempat," katanya.

Baca juga: Gempa 5,1 SR guncang Maluku

Baca juga: Gempa 6,9 SR guncang Maluku

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019