Sebanyak 1.373 hektare di Kabupaten Pandeglang, 10 hektare di Lebak dan 740 hektare di Kabupaten Serang
Serang, (ANTARA News) - Seluas 2.123 hektare tanaman padi di Banten mengalami kerusakan karena terkena banjir dan 3 hektare di antaranya terkena puso atau gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten M Agus Tauchid di Serang, Kamis, mengatakan data sementara jumlah sawah yang terendam banjir hingga 2 Januari 2019 ada sekitar 2.123 hektare yang terendam banjir. Sebagian besar sawah yang terkena banjir tersebut berada di Kabupaten Pandeglang.

"Sebanyak 1.373 hektare di Kabupaten Pandeglang, 10 hektare di Lebak dan 740 hektare di Kabupaten Serang," kata Agus Tauchid.

Ia mengatakan, luasan sawah yang terkena banjir tersebut tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Pandeglang, satu kecamatan di Lebak dan 10 kecamatan di Kabupaten Serang.

"Usia tanam mulai satu hari sampai menjelang panen," kata Agus.

Menurut dia, langkah penanganan yang dilakukan Dinas Pertanian Banten di antaranya mendata anggota kelompok tani yang terdampak banjir khusus yang terkena puso. Kemudian melakukan pengamatan lebih intensif oleh petugas di lapangan untuk mendata kembali dan memilah umur tanaman yang riskan dan dapat mengakibatkan puso.

"Bagi petani atau kelompok tani yang pertanamannya dinyatakan puso dimohon segera mengajukan permohonan bantuan benih melalui cadangan benih daerah (CBD)," kata Agus.

Agus juga meminta agar petani menunda sementara tanam ulang. Sampai dengan curah hujan menurun dan air surut.

Baca juga: Banjir di Pandeglang, 75 hektare padi puso

Baca juga: Puluhan hektare sawah di Lebak tergenang banjir

Pewarta: Mulyana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019