Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri memprediksi bahwa tanggal 5-6 Januari 2019 akan menjadi puncak arus balik gelombang kedua liburan akhir tahun.

"Besok dan lusa gelombang kedua arus balik karena masih ada sebagian pemudik yang belum kembali. Mereka diprediksi akan kembali pada tanggal 5-6 Januari 2019 karena libur sekolah akan berakhir tanggal 5 Januari 2019," kata Irjen Refdi di Kantor NTMC, Jakarta, Jumat.

Pihaknya memperkirakan bahwa Sabtu (5/1) dan Minggu (6/1) akan ada arus balik menuju Jakarta sebanyak 180 ribu kendaraan.

"Untuk arus balik ke Jakarta, besok diperkirakan ada 90 ribu (kendaraan). Lusa juga diperkirakan 90 ribu (kendaraan)," katanya.

Pasalnya, ada sekitar 850 ribu kendaraan pemudik yang meninggalkan Jakarta selama 21 Desember 2018 - 1 Januari 2019 terkait Libur Natal dan Tahun Baru. Dalam periode tersebut baru 700 ribu kendaraan yang telah kembali ke Ibukota.

"Masih ada sebagian kecil kendaraan yang belum kembali," katanya.

Refdi mengatakan, secara umum arus mudik dan arus balik pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 berjalan lancar.

"Di Tol Jakarta-Cikampek yang dikhawatirkan terjadi kemacetan juga berjalan lancar, tidak ada hambatan yang berarti," katanya.

Begitu juga pada sejumlah area peristirahatan di sepanjang Tol Cikampek dan Cipali juga tidak terjadi kemacetan yang berarti.

"Wilayah-wilayah lain juga terpantau lancar," katanya.

Baca juga: Kepala Korps Lalu-lintas pantau jalur rawan macet jelang Tahun Baru 2019

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019