counter

Pakar: psikososial diperlukan untuk pasien kanker

Pakar: psikososial diperlukan untuk pasien kanker

Kanker (Pixabay)

Pekerja sosial berperan dalam pasien onkologi untuk memberikan dukungan, pendidikan, termasuk intervenai psikososial
Jakarta (ANTARA News) - Guru Besar Ilmu Pekerjaan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof Adi Fahrudin menerangkan bahwa layanan psikososial perlu diberikan kepada pasien kanker untuk menambah kualitas hidup.

Fahrudin dalam acara International Conference on Social Work in Health and Mental Health yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sabtu, menjelaskan layanan psikososial bagi pasien kanker dapat menghidupkan semangat positif yang diharapkan dapat memperpanjang angka harapan hidup.

"Kematian adalah hakikat, tapi harapan untuk hidup perlu diperjuangkan. Menjaga kualitas hidup sampai akhir hayat. Perawatan pasien kanker ini adalah kualitas hidup," kata dia.

Menurut dia, memberikan kesenangan pada pasien kanker sebaiknya terus dilakukan untuk mengurangi beban perjuangannya dalam bertahan melawan kanker.

Dia menerangkan perlu adanya pekerja sosial di bidang medis yang bisa memberikan pelayanan pada pasien kanker guna menghiburnya.

"Pekerja sosial berperan dalam pasien onkologi untuk memberikan dukungan, pendidikan, termasuk intervenai psikososial," kata dia.

Menurut dia, berbicara dengan pasien kanker berbeda dengan berkomunikasi pada pasien penyakit lainnya. 

Mengkomunikasikan masalah penyakit kanker pada pasien membutuhkan teknik dan kaidah tersendiri agar tidak melukai atau bahkan menambah beban pengidap. ***3***

Baca juga: Para pesohor yang berjuang melawan sakit sepanjang 2018

Baca juga: Manfaat bayam untuk beri energi hingga tangkal kanker

Baca juga: Kenali jenis kanker darah seperti yang diderita musisi Dian Pramana


 

Rasa kehilangan mendalam terhadap ‘’Pak Topo”

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar