counter

Korban puting beliung Musi Banyuasin mendapat bantuan pemda

Korban puting beliung Musi Banyuasin mendapat bantuan pemda

Dokumentasi tiga angin puting beliung yang tertangkap di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (23/10/2017). (ANTARA News/HO/BNPB)

Kami membawa peralatan tenda pengungsian, matras, selimut, dan 40 paket sembako untuk warga yang rumahnya hancur dan juga membawa makanan serta pakaian
Palembang, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada puluhan keluarga korban bencana puting beliung di Kecamatan Lalan, Minggu.

Dinas Sosial setempat melakukan aksi cepat tanggap darurat untuk memberikan bantuan kepada puluhan kepala keluarga yang rumahnya hancur disapu angin puting beliung pada Kamis (3/1).

"Kami membawa peralatan tenda pengungsian, matras, selimut, dan 40 paket sembako untuk warga yang rumahnya hancur dan juga membawa makanan serta pakaian," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin Muhammad Jaya, Minggu. 

Menurutnya, sementara ini tidak ada warga yang membutuhkan pertolongan sangat serius. Hanya saja disadari, beberapa rumah warga mengalami kerusakan parah sehingga akan dibangun secara gotong royong bersama-sama warga.

Korban yang luka-luka tidak ada, hanya saja ada rumah warga yang rusak parah dan sudah mengungsi di tenda pengungsian, atau memilih tinggal di rumah kerabat masing masing, kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Azmi Dariusmansyah mengatakan puskesmas setempat membuka posko pengobatan dan penghilangan trauma warga

"Meski tidak ada korban jiwa dan korban luka-luka, kami tetap membuka posko pengobatan untuk sedikit menghilangkan trauma warga," kata dia.

Poniman (47), salah seorang warga Desa Purwa Agung mengatakan berterima kasih atas respons cepat pemkabi.

"Kami ucapkan terima kasih sudah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga Lalan pasca bencana angin puting beliung," katanya.

Sebelumnya angin puting beliung menghancurkan puluhan rumah warga dan sekolah di Desa Purwa Agung, Desa Karang Tirta, dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Lalan.

Bangunan yang rusak meliputi, 2 unit rumah di Desa Purwa Agung dalam kategori rusak berat, 10 unit rumah rusak ringan, 1 unit sekolah. Kemudian, di Desa Karang Tirta terdapat 2 unit rumah rusak berat, 1 unit rusak sedang, 1 unit sekolah rusak ringan.

Baca juga: Warga Sumsel waspada angin puting beliung

Baca juga: Musi Banyuasin status tanggap darurat bencana kebakaran

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar