Jakarta (ANTARA News) - Minnesota Timberwolves memecat pelatih kepala dan presiden operasi bola basket, Tom Thibodeau, pada Minggu malam, beberapa jam setelah tim mengalahkan Los Angeles Lakers 108-86.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Tom untuk usahanya dan mengharapkan yang terbaik baginya," kata pemilik klub Glen Taylor dalam satu pernyataan sebagaimana dikutip Reuters, Senin. "Keputusan-keputusan ini tidak pernah mudah dibuat, tetapi kami merasa itu penting untuk membuat organisasi kita maju ke depan."
   
Asisten pelatih Ryan Saunders akan menjadi pelatih kepala sementara, dan general manager Scott Layden akan menjalankan operasional departemen bola basket hari demi hari sepanjang sisa musim. Asisten Andy Greer, yang menghabiskan delapan tahun di bawah kepemimpinan Thibodeau, juga dipecat.
   
ESPN melaporkan, Taylor serius mempertimbangkan Fred Hoiberg -- yang bekerja di "front office" Minnesota sebelum menjadi pelatih kepala Iowa State pada 2010 -- sebagai pelatih kepala atau GM di masa datang. The Athletic melaporkan Hoiberg tidak masuk dalam rencana tim, tetapi bisa berubah seiring waktu.
   
Thibodeau (60), bergabung dengan tim tersebut pada 2016 dan mencetak hasil (menang-kalah) 96-107 dalam dua musim plus, termasuk 18-21 musim ini. Musim lalu, ia membantu Wolves meraih rekor 47-35 dan untuk pertama kalinya mereka tampil pada playoff dalam 14 tahun, namun tim harus berjuang keras mengawali musim ini di tengah keinginan menjual Jimmy Butler.
   
Di awal, Minnesota meraih statistik 4-9,  kemudian sedikit membaik dengan memenangi 10 dari 13 pertandingan pertamanya, setelah Butler dijual pada 11 November. Namun, sejak itu, kembali terpuruk dengan hasil 6-9, termasuk sembilan kekalahan beruntun dalam 13 pertandingan.
   
Thibodeau mencatat hasil 351-246 dalam delapan musim karirnya sebagai pelatih kepala NBA, setelah memimpin Chicago Bulls sejak 2010 hingga 2015. Ia memenangi penghargaan pelatih terbaik (Coach of the Year) pada musim pertamanya di Chicago setelah membawa Bulls mencetak rekor 62-20.
   
Saunders (32), adalah putera dari mendiang Flip Saunders, yang melatih Timberwolves pada 1995-2005 dan bergabung kembali dengan organisasi tersebut sebagai presiden operasi bola basket pada 2013. Ryan Saunders telah menjadi asisten di Minnesota sejak 2014, setelah menghabiskan lima tahun sebagai asisten dalam staf Washington Wizards.     
   
Hoiberg (46), menggantikan Thibodeau di Chicago pada 2015 dan memperoleh hasil 115-155 bersama Bulls sebelum dipecat setelah mengawali musim ini dengan hasil 5-19.

Baca juga: Butler-Thibodeau dilaporkan bertemu bicarakan masa depan Timberwolves

 

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019