Baghdad, Irak (Anatara/Anadolu-OANA) - Blok tokoh agama kenamaan Irak, Muqtada As-Sadr, di Parlemen kembali telah menolak kehadiran tentara AS di Ibu Kota Irak, Baghdad.

Pada Sabtu (5/1), gambar Brig. Jend. Austin Renforth --Direktur Operasi Gabungan Irak buat Pasukan Satuan Tugas Gabungan-- saat mengunjungi Jalan Mutanabi, yang kaya akan kebudayaan, telah menyulut kemarahan di seluruh negara Arab tersebut.

Gambar Renforth diambil dalam kunjungan itu bersama dengan Komandan Operasi Baghdad Jali Ar-Rubaie saat peringatan penarikan tentara AS dari Irak.

"Ini adalah tantangan buat keinginan nasional, pelanggaran baru kedaulatan Irak dan prilaku buruk yang mengungkapkan wajah buruk Pemerintah Amerika," kata Hamdallah Rikabi, Juru Bicara bagi blok Sadr --Sairoon, di dalam satu pernyataan pada Ahad (6/1).

"Kami mengumumkan penolakan dan pengutukan kami terhadap perbuatan pengecut ini dan memperingatkan pasukan ini agar tidak mengulangi perbuatan kejam semacam itu," ia menambahkan, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Anggota Parlemen Irak tersebut juga mendesak pemerintah agar mengeluarkan penjelasan resmi kepada masyarakat Irak mengenai peristiwa itu.

"Sikap kami tetap sama dalam menolak kebijakan Amerika yang tidak menghormati kedaulatan negara, keutuhan wilayah mereka dan martabat rakyat mereka," kata Hamdallah.

Pemerintah Irak belum mengomentari peristiwa tersebut.

Tentara AS mengakhiri operasi tempur mereka di Irak pada 2010, dan memusatkan kegiatan mereka dalam pelatihan pasukan Irak.

Tentara terakhir AS meninggalkan Irak pada 18 Desember 2011, kecuali sejumlah personel militer AS yang tetap berada di bawah kendali Kedutaan Besar AS.

Penyunting: Chaidar Abdullah
(Uu.C003)

Pewarta: Antara
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019