Jakarta (ANTARA News) - China sempat tertinggal terlebih dahulu dari lawannya Kirgistan, sebelum mengamankan kemenangan 2-1 dalam pertandingan Grup C Piala Asia 2019 yang dimainkan di Stadion Khalifa Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab, Senin.

Akhlidin Israilov membuka keunggulan Kirgistan pada menit ke-42, namun gol bunuh diri yang dilakukan kiper Pavel Matiash pada menit ke-50 membuat kedudukan imbang dan Dabao Yu mengemas gol penentu kemenangan China pada menit ke-78, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil ini, untuk sementara China memuncaki klasemen Grup C dengan tiga poin. Sedangkan Kirgistan menghuni posisi juru kunci.

Kirgistan lebih banyak melakukan penyerangan pada babak pertama dan mendapatkan ganjarannya tiga menit sebelum turun minum, ketika Israilov mengemas gol impresif, yang diawali dengan lemparan ke dalam untuk diteruskan Mirlan Murzaev dan selanjutnya disambar dengan sepakan voli dari luar kotak penalti.

Vitalij Lux semestinya dapat menggandakan keunggulan timnya dua menit kemudian, namun sepakannya belum tepat sasaran setelah mendapat umpan terobosan dari Farhat Musabekov.

Sepakan Wu Lei melambung ke atas mistar gawang saat China memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun peruntungan China berbalik tidak lama kemudian.

Upaya Valeri Kichin untuk membuang bola dari situasi tendangan sudut mengarah lurus ke Matiash, saat ia berusaha menepis bola ke atas mistar gawang, namun justru bola terdorong masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Wu Xi kemudian menanduk bola yang masih melambung ketika China yang diasuh Marcelo Lippi terlihat mengambil kendali permainan, sebelum Wu Lei mengulangi trik dari umpan silang Liu Yang.

Gol penentu kemenangan tercipta 12 menit sebelum laga usai, ketika Matiash dengan ceroboh keluar dari gawangnya namun gagal menghalau bola, membuat Yu dapat melewatinya dan memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi AFC:

China (5-3-2): Junling Yan, Chengdong Zhang (Yiming Liu 89'), Linpeng Zhang, Ziaoting Feng, Ke Shi (Junmin Hao 46'), Yang Liu, Xi Wu, Zhongguo Chi, Jingdao Jin (Dabao Yu 24'), Lin Gao, Lei Wu

Kirgistan (4-4-2): Pavel Matiash, Kairat Zhyrgalbek, Daniel Tagoe, Tamirlan Kozubaev, Valerii Kichin, Akhlidin Israilov (Anton Zemlyanukhin 61'), Edgar Bendhardt (Aziz Sydykov 82'), Farhad Musabekov, Bekzhan Sagnybaev, Mirlan Murzaev, Vitalij Lux (Ernist Batyrkanov 88')
Baca juga: Thailand langsung pecat pelatih setelah kalah di Piala Asia
Baca juga: India hancurkan Thailand 4-1 untuk puncaki klasemen grup

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019