Dengan tercatatnya saham Sentra Food Indonesia Tbk dengan kode perdagangan FOOD maka jumlah perusahaan di BEI sebanyak 620 emiten
Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana PT Sentra Food Indonesia Tbk sebagai perusahaan pertama pada 2019 ini.

"Dengan tercatatnya saham Sentra Food Indonesia Tbk dengan kode perdagangan FOOD maka jumlah perusahaan di BEI sebanyak 620 emiten," ujar Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi dalam sambutan pencatatan saham perdana PT Sentra Food Indonesia Tbk di BEI, di Jakarta, Selasa.

Setelah resmi sahamnya tercatat di BEI, ia menekankan agar perseroan menjaga ekspektasi investor melalui peningkatan kinerja ke depannya.

"Saat ini perseroan sudah berada dalam arena publik yang diawasi oleh regulator pasar modal, jaga ekspektasi investor dengan meningkatkan pertumbuhan di masa mendatang," katanya.

Ia menambahkan untuk menjaga ekspektasi itu, perseroan dituntut untuk lebih meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). "Penerapan GCG, kami harap mampu menarik investor," ucapnya.

PT Sentra Food Tbk (FOOD) bergerak pada bidang Pengolahan Makanan dan Minuman Melalui Perusahaan Anak pada sektor Consumer Goods Industry.

Perseroan melepas sebanyak 150 juta lembar saham atau setara 33,33 persen seharga Rp135 per lembar saham. Dengan demikian PT Sentra Food Indonesia Tbk meraih dana Rp20,25 miliar.

Presiden Director Agustus Sani Nugroho memaparkan dana IPO rencananya akan digunakan untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak yakni PT Kemang Food Industries (Kemfood).

"Kemudian oleh Kemfood seluruh dana hasil setoran itu akan digunakan untuk modal kerja seperti membeli bahan baku dan bahan bahan pembantu untuk kegiatan operasional kemfood," katanya.
Pada perdagangan perdana, saham FOOD bergerak naik atau 68,89 persen menjadi Rp228 per saham dari harga perdana. 

Baca juga: Presiden apresiasi kinerja BEI akhir tahun di level "hijau"

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019