counter

Menhub optimistis BIJB Kertajati mampu tingkatkan pariwisata

Menhub optimistis BIJB Kertajati mampu tingkatkan pariwisata

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Rabu (9/1/2018). Menhub optimistis BIJB Kertajati baksl ramai dan bisa menjaring wisatawan datang ke Jabar. (ANTARA/Ahmad Wijaya)

Bandara ini sudah bertaraf internasional dan memiliki fasilitas dan sarana yang memadai, jadi tinggal kita dorong maskapai dan promosi pariwisata
Kertajati (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke provinsi Jawa Barat

"Bandara ini sudah bertaraf internasional dan memiliki fasilitas dan sarana yang memadai, jadi tinggal kita dorong maskapai dan promosi pariwisata," kata Menhub Budi Karya kepada pers saat meninjau BIJB Kertajati bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kertajati, Jawa Barat, Rabu.

Dikatakan Menhub, Jawa Barat memiliki potensi pariwisata alam dan kuliner yang luar biasa, sehingga membutuhkan bandara yang representatif untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri.

Dia mencontohkan, sejumlah daerah saat ini terus melakukan promosi pariwisata untuk menarik wisatawan datang ke daerahnya masing-masing, dan hal itu juga bisa dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat.

"Jawa Barat memiliki BIJB Kertajati dan pelabuhan laut Patimban. Ini bisa menjadikan daerah itu makin berkembang dari sisi udara maupun laut," kata Menhub Budi Karya.

Menhub juga mengapresiasi sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia group dan Lion Air group yang sudah melayani penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pemerintah Jabar ingin mempercepat pertumbuhan BIJB karena memang keberadaannya sangat dibutuhkan untuk masyarakat Jawa Barat.

"Makin banyak masyarakat di Jabar yang suka melakukan perjalanan fan ini tentunya sangat membutuhkan bandara yang lebih besar lagi," katanya.

Ridwan Kamil memperkirakan dalam lima tahunke depan akan makin banyak golongan menengah ke atas yang melakukan perjalanan dan ini harus diantisipasi dengan bandara yang memadai.

Belum lagi, kata Gubernur Jabar, jumlah masyarakat yang ingin umroh setiap tahun juga meningkat. "Saya berharap saat umroh tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno-Hatta tapi bisa berangkat dari Kertajati," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil bahkan berharap untuk musim haji 2019, calon haji dari Jawa Barat bisa berangkat dari Kertajati.

Baca juga: Garuda bakal terbang perdana dari Bandara Kertajati pada 18 Desember
Baca juga: Aksesibilitas kunci agar Bandara Kertajati ramai 

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Rawan kecelakaan, menhub utus tim investigasi ke Cipularang

Komentar