Jika penutupan ini berlanjut hingga 1 Maret dan pagu utang menjadi masalah beberapa bulan kemudian, kami mungkin perlu mulai memikirkan kerangka kerja kebijakan
London (ANTARA News) -  Fitch pada Rabu memperingatkan kemungkinan pemangkasan peringkat kredit triple-A Amerika Serikat (AS) tahun ini, jika penutupan pemerintah yang sedang berlangsung menyebabkannya negara itu mencapai plafon utangnya dan menghambat penyusunan anggaran.

"Jika penutupan ini berlanjut hingga 1 Maret dan pagu utang menjadi masalah beberapa bulan kemudian, kami mungkin perlu mulai memikirkan kerangka kerja kebijakan, ketidakmampuan untuk mengeluarkan anggaran ... dan apakah semua itu konsisten dengan triple-A," kata Kepala Peringkat Kredit Global Fitch, James McCormack, di London, Inggris, Rabu, seperti dikutip Reuters.

"Dari sudut pandang peringkat, plafon utanglah yang bermasalah," tambah McCormack.

Penutupan sekitar seperempat dari pemerintahan AS memasuki hari ke-19 pada Rabu, dengan anggota parlemen dan Gedung Putih terpecah karena permintaan dana Presiden Donald Trump untuk membangun tembok perbatasan.

Baca juga: Rupiah lanjutkan penguatan, di tengah spekulasi perundingan dagang AS-China

Baca juga: IHSG ditutup naik tipis, dipicu aksi beli para investor

Baca juga: Harapan positif hasil perundingan dagang AS-China, dongkrak penguatan rupiah

Baca juga: Fitch pertahankan peringkat layak investasi indonesia



 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019