Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan PSG disingkirkan Guingamp dari Piala Liga Prancis setelah tim ibukota tersebut takluk 1-2 dalam pertandingan yang dimainkan di Parc des Princes, Paris, Prancis pada Kamis dini hari WIB.

Megabintang Brazil Neymar membawa PSG memimpin terlebih dahulu, namun penalti Yeni N'Gbakoto dan penalti Marcus Thuram mengamankan langkah Guingamp ke semifinal, demikian catatan pertandingan di laman resmi Ligue 1.

PSG, yang merupakan juara pada lima edisi sebelumnya secara berturut-turut, membuka keunggulan pada menit ke-62 melalui gol Neymar yang tercipta semenit setelah Thuram gagal memaksimalkan peluang.

Baca juga: PSG juara Piala Liga Prancis lima musim beruntun, usai gilas Monaco 3-0

Pelanggaran yang dilakukan terhadap pemain Guingamp di kotak terlarang PSG membuat wasit menunjuk titik putih, dan N'Gbakoto sukses menunaikan tugasnya sebagai eksekutor.

Thuram, yang merupakan putra bek legendaris Prancis Lilian Thuram, membuyarkan mimpi PSG untuk mempertahankan gelarnya ketika ia sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-90.

Pasukan Thomas Tuchel merupakan pemuncak klasemen Liga Prancis, sebaliknya Guingamp merupakan tim juru kunci di liga.

Nasib berkebalikan didapatkan AS Monaco asuhan Thierry Henry, di mana mereka menang adu penalti 8-7 atas Rennes setelah pertandingan dengan waktu normal hanya menghasilkan skor imbang 1-1.

Rennes unggul terlebih dahulu melalui gol Benjamin Bourigeaud pada menit ke-30, namun Monaco mampu menyamakan kedudukan melalui gol legiun Portugal Rony Lopes pada menit ke-54.

Saat adu penalti, kiper Loic Badiashile menjadi sosok penentu kemenangan timnya ketika, setelah eksekusi kiper Tomas Koubek melambung ke atas mistar gawang, ia menaklukkan kiper Ceko tersebut untuk mengamankan langkah pasukan Henry ke empat besar.

Dalam pertandingan lain, Bordeaux juga memastikan kiprah di semifinal setelah menang 1-0 atas Le Havre berkat gol semata wayang Samuel Kalu pada menit ke-70.

Baca juga: Marseille tersingkir, Monaco melaju di Piala Liga Prancis

Baca juga: PSG menang 2-1 atas Orleans di Piala Liga Prancis

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019