Jakarta (ANTARA News) - Kumho Tyre yang merupakan unit Korea Selatan dari produsen ban asal China Qingdao Doublestar, pada Kamis mengatakan bahwa mereka telah memasok ban untuk kendaraan SUV (sport utility vehicle) all-new Mercedes Benz G-Class.

Kumho Tire telah mengirimkan ban Solus KL21 berkinerja tinggi untuk SUV G-Klasse baru dalam bentuk ban original equipment (OE) sejak Mei 2018, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Yonhap, Kamis.

"Perusahaan telah memasok ban OE ke versi G-Klasse sebelumnya, dan terus menyediakan ban untuk model G-Klasse yang kesemuanya baru," kata juru bicara perusahaan.

Memasok ban OE ke produsen mobil sebenarnya tidak menghasilkan banyak pendapatan bagi produsen ban. Namun langkah untuk "mengamankan" perusahaan besar dapat membantu meningkatkan citra merek dan dapat mendongkrak harga produk di masa mendatang.

Bagi produsen ban, lebih menguntungkan menjual ban replacement equipment (RE) di pasar purna jual.

Kumho Tire saat ini memasok ban ke produsen mobil global, seperti BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, Skoda dan Fiat Chrysler Automobiles.

Mereka mengoperasikan enam pabrik, tiga di antaranya berada luar negeri, yakni di Georgia Amerika Serikat, Vietnam dan China. Sementara tiga lainnya berlokasi di dalam negeri, yakni di Gwangju, Gokseong dan Pyeongtaek.

Pada 2017, enam pabrik memiliki kapasitas produksi keseluruhan yaitu 54.640.000 ban, namun produk yang dihasilkan sebanyak 48.290.000 ban.

Tahun lalu, Qingdao Doublestar mengakuisisi Kumho Tire dengan menginvestasikan 646,3 miliar won (578 juta dolar AS) untuk mengambil 45 persen saham produsen ban terbesar kedua di negara itu setelah Hankook Tire Co.

Pada periode Januari-September, kerugian bersih Kumho Tyre semakin dalam menjadi 159,21 miliar won, dari 59,91 miliar won setahun sebelumnya.

Baca juga: Bridgestone akan pasok ban untuk Hyundai Palisade

Baca juga: Hankook Tire perluas kemitraan dengan Volkswagen melalui Tiguan R-Line
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2019