Jakarta (ANTARA News) - Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos (54), mengumumkan perceraiannya dengan MacKenzie Bezos (48) melalui Twitter pada Rabu (9/1) setelah 25 tahun menikah, dilansir Reuters..

Jeff Bezos bisa dibilang orang paling kaya sedunia saat ini, kekayaannya mencapai 160 miliar dolar AS berkat Amazon yang jadi perusahaan paling berharga di Wall Street, melampaui Microsoft Corp.

Bezos memuji MacKenzie atas dukungannya ketika dia harus memboyongnya ke Seattle dari New York untuk meluncurkan Amazon, penjual buku online yang tumbuh menjadi peritel internet terbesar di dunia.

MacKenzie Bezos, adalah lulusan Princeton yang sekarang menjadi novelis, melakukan akuntansi untuk Amazon untuk tahun pertamanya setelah didirikan pada tahun 1994.

Pasangan itu memutuskan untuk bercerai setelah "eksplorasi penuh cinta" dan pemisahan persidangan yang lama, dan berharap untuk tetap menjadi mitra dalam usaha dan proyek, menurut pernyataan bersama.

Saham Amazon berakhir naik 0,2 persen pada hari Rabu. Perceraian seharusnya tidak berdampak material pada perusahaan dan sahamnya, kata Tom Forte, seorang analis di DA Davidson & Co.

Menurut data Refinitiv Eikon, MacKenzie tidak memiliki saham Amazon secara langsung, sementara Bezos memiliki 16,1 persen saham senilai sekitar 130 miliar dolar AS. Majalah Forbes sekarang memperkirakan kekayaan bersih keseluruhannya adalah  137,1 miliar dolar AS.

Liat Sadler, pengacara matrimonial San Francisco mencatat bahwa pasangan itu berutang tugas fidusia satu sama lain.

"Mereka memiliki tugas untuk tidak menyia-nyiakan atau mendevaluasi sumber daya perkawinan, dan untuk menjaga nilai properti perkawinan setinggi mungkin," katanya. "Saya tidak berpikir ada masalah dengan pemegang saham Amazon karena perceraian."

Sadler mengatakan opsi utama yang dihadapi pasangan itu mengenai saham Amazon adalah Jeff Bezos akan membeli saham istrinya, atau bagi MacKenzie Bezos untuk mempertahankan saham miliknya.

Reuters tidak dapat menentukan rincian keuangan lebih lanjut dari perceraian yang direncanakan.

"Jeff tetap fokus dan terlibat dalam semua aspek Amazon," kata Drew Herdener, wakil presiden komunikasi untuk perusahaan. Dia menolak berkomentar tentang bagaimana perceraian itu dapat mempengaruhi kepemilikan saham.

MacKenzie Bezos pertama kali bertemu suaminya ketika wawancara pekerjaan di hedge fund New York, menurut profil di Vogue pada 2013.

Keduanya bertunangan setelah tiga bulan berpacaran dan menikah tiga bulan setelah itu, menurut majalah itu.

Mereka kemudian memiliki empat anak.

Berbicara di sebuah acara di Berlin April lalu, Jeff Bezos mengatakan dukungan istrinya sangat berperan ketika ia mendirikan Amazon.

"Saat Anda memiliki orang-orang yang penuh kasih dan suportif dalam hidup Anda, seperti MacKenzie, orang tua saya, kakek saya, nenek saya, Anda akhirnya dapat mengambil risiko, ” katanya.

Jeff Bezos pada bulan September berkomitmen 2 miliar dolar AS melalui Bezos Day One Fund untuk membantu keluarga tunawisma dan memulai pra-sekolah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Dia telah meminta ide di Twitter pada 2017 untuk cara menyumbangkan sebagian dari kekayaannya.

Januari lalu, pasangan itu menyumbangkan 33 juta dolar AS untuk mendanai beasiswa perguruan tinggi untuk siswa sekolah menengah AS dengan status Deferred Action for Childhood Arrival (DACA), sebuah program era Obama yang melindungi imigran muda yang dibawa ke Amerika Serikat secara ilegal oleh orang tua mereka.

Pada 2012, mereka menyumbangkan 2,5 juta dolar AS untuk kampanye negara bagian Washington untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di sana.

Dari awal yang sederhana, Amazon bercabang ke hampir setiap kategori produk, mengambil pengecer mapan seperti Walmart Inc.

Pada bulan November, Amazon memilih ibu kota keuangan dan politik Amerika untuk kantor-kantor baru yang besar, bercabang dari markasnya di Seattle dengan rencana untuk menciptakan lebih dari 25.000 pekerjaan di New York City dan pinggiran Virginia di Washington, D.C.

Jeff Bezos juga mendirikan perusahaan ruang angkasa Blue Origin pada tahun 2000, dan menyalurkan lebih dari $ 1 miliar per tahun dari kekayaannya sendiri untuk menariknya keluar dari mode start-up dan menjadi produksi.

Dia juga memiliki Washington Post, yang sering menjadi sasaran kritik dari Trump.

Baca juga: Delapan pria miliki separuh kekayaan dunia, kata Oxfam

Baca juga: Blue Origin sukses terbangkan kembali roket

Baca juga: Amazon incar Oscar dari bisnis filmnya

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019