Mendes PDTT perjuangkan kenaikan gaji Pendamping Lokal Desa

Mendes PDTT perjuangkan kenaikan gaji Pendamping Lokal Desa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo bersama dengan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X saat memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Jumat. (Foto: ANTARA News/Indriani)

Jakarta (ANTARA News)- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigras iEko Putro Sandjojo mengatakan akan memperjuangkan kenaikan pendapatan Pendamping Lokal Desa yang saat ini masih berstandar Upah Minimum Provinsi (UMP).
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, Menteri Eko menjelaskan peran besar Pendamping Lokal Desa dalam menyukseskan program dana desa.

Menurutnya, kerja keras dan dedikasi Pendamping Lokal Desa inilah yang menyebabkan kenaikan gaji mereka perlu diperjuangkan.  "Keberhasilan pengelolaan dana desa tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi para Pendamping Lokal Desa dan para perangkat desa. Karenanya kita terus memperjuangkan kenaikan pendapatan mereka," kata Menteri Eko dalam akun instagramnya, Kamis.
     
Ia mengatakan, upaya kenaikan gaji Pendamping Lokal Desa telah dilakukan melalui rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan sejumlah menteri kabinet kerja lainnya di Jakarta, Rabu (9/1) yang mana salah satu pembahasan dalam rapat tersebut adalah mengenai kenaikan pendapatan Pendamping Lokal Desa dan Perangkat Desa. 
 
Sebelumnya, Menteri Eko mengakui bahwa para pendamping memiliki tugas dan wewenang cukup berat. Terlebih para pendamping juga ada yang turut mendampingi lebih dari satu desa, dengan medan cukup jauh.

Meski demikian, ia meminta para pendamping tidak menjadikan tugas pendampingannya sebagai beban. Ia mengajak para pendamping untuk membantu warga desa secara maksimal, sembari melihat peluang-peluang untuk menjadi pengusaha.
   
"Mereka (para pendamping) bisa melihat peluang dengan melihat potensi-potensi di desa. Suatu saat bisa jadi pengusaha kecil, pengusaha besar, yang saat ini membantu pendampingan, yang suatu saat bisa memberikan pekerjaan untuk masyarakat," kata dia lagi.*


Baca juga: "Pasigala Center" usulkan integrasi dana desa pulihkan bencana Sulteng

Baca juga: Kades Tulungagung divonis 3,5 tahun karena korupsi



 

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mendes PDTT sebut 70.546 desa telah salurkan BLT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar