Jakarta (ANTARA News) - Thailand memetik kemenangan 1-0 atas Bahrain dalam pertandingan Grup A Piala Asia 2019 yang dimainkan di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab pada Kamis malam WIB.

Gol semata wayang di laga tersebut dibukukan gelandang Chanathip Songkrasin pada menit ke-58, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Hasil ini membawa Thailand untuk sementara naik ke peringkat kedua di klasemen grup dengan koleksi tiga poin dari dua pertandingan, sedangkan Bahrain terpuruk di dasar klasemen dengan catatan satu poin.

Setelah pada laga pertama Thailand dihancurkan India dengan kekalahan 1-4 pada Minggu, mereka memecat pelatih kepala Milovan Rajevac dan menggantinya dengan pelatih sementara Sirisak Yodyathai.

Hal tersebut membawa dampak positif di laga kedua, ketika Songkrasin mampu mencetak gol penentu kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke putaran selanjutnya, dan mengamankan kemenangan kedua dari 22 pertandingan di kompetisi Asia ini.

Bahrain tampil lebih baik pada babak pertama, dan mungkin semestinya mendapat hadiah penalti ketika Teerasil Dangda terlihat memblok tendangan bebas Sayed Dhiya Saeed dengan lengannya.

Mohamed Al Romaihi menyia-nyiakan peluang bagus dengan sundulannya dari jarak dekat memanfaatkan umpan Mohamed Marhoon sebelum turun minum, kegagalan yang akan disesali Bahrain.

Tristan Do mendapat umpan terobosan dari Adisak Kraisorn di sisi kanan, dan umpan silang kirimannya tertuju pada Songkrasin untuk diteruskan dengan sepakan yang menembus gawang Sayed Shubbar Hashem.

Kiper Thailand Sivarak Tedsungnoen mampu melakukan penyelamatan brilian terhadap sepakan Ali Jaafar Madan untuk menjaga keunggulan timnya beberapa saat kemudian.

Keunggulan itu hampir dapat digandakan 18 menit sebelum laga usai, ketika Songkrasin mengirimkan bola kepada Kraisorn, yang melepaskan sepakan membentur tiang gawang, namun hal itu tidak banyak berpengaruh ketika Thailand mampu menjaga keunggulan untuk memelihara peluang lolos ke 16 besar.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Bahrain (4-2-3-1): Sayed Shubbar Hashem, Sayed Redha Isa Hashim, Hamad Al Shamsan, Waleed Al Hayam, Ahmed Juma (Sami Al Husaini 64'), Abdulwahab Ali Alsafi, Kamil Al Aswad, Ali Madan (Mahdi Al Humaidan 79'), Mohamed Marhoon (Abdulla Yusuf 65'), Sayed Saeed, Mohamed Marzooq

Thailand (5-4-1): Siwarak Tedsungnoen, Tristan Do, Adisorn Promrak (Mika Chunuonsee 90'), Pansa Hamviboon, Suphan Thongsong, Theerathorn Bunmathan, Adisak Kraisorn (Supachai Jaided 80'), Thithipan Puangchan, Tanaboon Kesarat (Sanrawat Dechmitr 68'), Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019