counter

Tugas satpam di mata kepala Polda Sulawesi Selatan

Tugas satpam di mata kepala Polda Sulawesi Selatan

Dokumentasi sejumlah personel Satuan Pengamanan dalam lomba unjuk kemampuan, di halaman Polda DIY, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (7/12). Lomba itu bagian dari peningkatan kemampuan taktis maupun teknis anggota satpam dalam profesi mereka. (ANTARA FOTO/Andreas Atmoko)

... satpam dan polisi itu punya beberapa tugas yang sama seperti pengamanan. Polisi dan satpam itu sejajar, sama-sama mulia tugasnya...
Makassar (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Umar Septono, menyatakan, tugas personel Satuan Pengamanan cukup berat dan hampir sama dengan tugas-tugas kepolisian.

"Antara satpam dan polisi itu punya beberapa tugas yang sama seperti pengamanan. Polisi dan satpam itu sejajar, sama-sama mulia tugasnya," ujar dia, pada HUT ke-38 Satuan Pengamanan, di SPN Batua Makassar, Kamis.

Pendidikan, pembentukan, dan pembinaan personel Satuan Pengamanan selama ini ada di tangan polisi. Ijazah personel Satuan Pengamanan juga dikeluarkan polisi.

Pada peringatan ulang tahun itu, Septono juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada empat orang anggota satuan pengamanan yang telah bekerja dengan dedikasi tinggi sehingga mendapat pujian dari tempatnya bekerja.

Dalam amanatnya, dia mengungkapkan, polisi membutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk memaksimalkan tugas-tugasnya sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Menurut dia, keterbatasan anggota kepolisian dalam menghadapi kompleksitas tantangan itu memerlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat termasuk anggota satuan pengamanan yang bekerja secara profesional.

"Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengembang tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya," katanya.

Hut Satpam 2019 yang mengangkat tema, "Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna mendukung Polri dalam Mengamankan Pemilu 2019" dinilainya sangat tepat karena sekarang sudah memasuki tahun politik.

"Tahun 2019 ini adalah tahun politik dan tugas berat menanti anggota kepolisian. Institusi Polri punya tanggung jawab dalam mengawal dan mengamankan pesta demokrasi tahun ini yang tentunya tugas pengamanan di tempat lain juga menjadi prioritas. Tapi beruntung karena ada satuan pengamanan lain yang membantu tugas polisi dalam menjaga objek vital lainnya," ucapnya.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar