Jakarta (ANTARA News) - China mengamankan tiket 16 besar Piala Asia berkat kemenangan 3-0 atas Filipina dalam pertandingan Grup C yang berlangsung di Stadion Mohammad bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirates Arab pada Jumat malam WIB.

Gol-gol kemenangan China tersebut dibukukan oleh dua gol Wu Lei dan pemain pengganti Dabao Yu, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan keberhasilan ini China memuncaki klasemen Grup C sekaligus melaju ke putaran selanjutnya dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Filipina menghuni posisi juru kunci setelah menelan dua kekalahan.

Kedua tim saling menggagalkan peluang milik lawannya pada fase awal pertandingan, sebelum Wu Xei menyia-nyiakan peluang nyata pertama di laga ini ketika ia mengarahkan tandukan melebar saat gawang terbuka di depannya pada menit ke-33.

Pasukan Marcello Lippi memecah kebuntuan pada menit ke-40, mendapat operan dari Hao Junmin, Wu Lei melepaskan tembakan kaki kanan melengkung dari tepi kotak penalti yang bersarang ke sudut bawah kiri gawang Michael Falkesgaard.

Wu Lei hampir menambahi gol spektakuler selanjutnya pada awal babak kedua, namun Falkesgaard kali ini mampu menahan sepakan volinya.

Bagaimanapun, memasuki menit ke-66, China menggandakan keunggulan. Tendangan bebas Hao Junmin dapat diteruskan Wu Lei dengan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Kesigapan Falkesgaard pada fase akhir pertandingan setidaknya mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak lagi, namun Yu Dabao dimasukkan sebelum China mendapat tendangan sudut dan ia membukukan gol ketiga untuk timnya dengan sundulan kepala pada menit ke-80.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Filipina (4-4-2): Michael Falkesgaard, Alvaro Silva, Luke Woodland, Carlos de Murga (Phil Younghusband 66'), Daisuke Sato, Kevin Ingreso, John-Patrick Strauss(Manuel Ott 85'), Stephan Schrock, Stephan Palla, Patrick Reichelt (Curt Dizon 88'), Javier Patino

China (3-5-2): Yang Junling, Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Shi Ke, Wu Xi, Zhao Xuri (Yu Hanchao 72'), Zheng Zhi (Chi Zhongguo 83'), Hao Junmin, Liu Yang, Gao Lin (Yu Dabao 80'), Wu Lei

Baca juga: Australia tundukkan Palestina, buka peluang lolos fase grup
Baca juga: Taklukkan India, UEA puncaki klasemen grup A
Baca juga: Jordania kalahkan Suriah 2-0

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019