counter

Pandeglang ingin pulihkan pariwisata pascatsunami

Pandeglang ingin pulihkan pariwisata pascatsunami

Bupati Pandeglang Irna Narulita (kanan) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo di Tanjung Lesung Beach Hotel, Pandeglang, Sabtu (12/1/2019). (ANTARA/Anom Prihantoro)

Pandeglang, Banten (ANTARA News) - Bupati Pandeglang Irna Narulita ingin memulihkan sektor pariwisata di daerahnya setelah tsunami Selat Sunda menerjang beberapa objek wisata pesisirnya pada 22 Desember 2018.

"Harus dilanjutkan ya. Mohon kepada pemerintah pusat, ada Kepala BNPB di sini, TNI/Polri yang membantu kami agar bagaimana Pandeglang ini dengan alamnya keindahannya ini harus juga bisa dinikmati tidak hanya masyarakat Pandeglang tetapi juga masyarakat seluruh Nusantara dan juga wisatawan mancanegara," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Di sela kunjungan kerja Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo di Pandeglang, Irna mengatakan tsunami antara lain menimbulkan kerusakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pantai Carita, kawasan Anak Gunung Krakatau, dan Pulau Peucang yang sebelumnya banyak dikunjungi wisatawan.

Kini area wisata seperti Tanjung Lesung sangat sepi bahkan pada akhir pekan. Penginapan-penginapan yang sudah beroperasi kembali pascatsunami juga tampak lengang.

Tanjung Lesung Beach Hotel, tempat band Seventeen manggung saat tsunami menyapu bibir pantai dekat penginapan tersebut, juga terlihat sepi pengunjung.

Irna mengharapkan kerja sama lintas instansi untuk mendukung pemulihan pariwisata di pesisir Pandeglang.

Berdasarkan masukan dari para ahli, dia merencanakan pembangunan fasilitas edukasi mitigasi bencana di area wisata pesisir dan kepulauan.

"Sehingga betul-betul sejauh mana mereka terus bisa beraktivitas di zona merah yang itu tadi," kata dia merujuk zona merah sebagai kawasan bibir pantai yang bisa terjangkau tsunami.

Pemerintah Kabupaten, menurut dia, juga berencana membangun fasilitas dan rambu-rambu evakuasi serta memastikan bangunan fasilitas pendukung wisata tahan gempa.

"Sambil bisa mewaspadai di pantai alat-alat apa yang harus dipasang, seperi CCTV. Seperti tadi Pak Kepala BNPB meminta agar ada lampu sorot, lampu tembak ke arah pantai...," katanya.

Ia juga berbicara mengenai kebutuhan untuk menanam pepohonan di kawasan pesisir untuk minimalkan dampak bencana.

"Ya pohon-pohon juga, penghijauan tadi, harus kita semaikan lagi pohon ketapang yang ada di belakang kita ini, pohon waru, mangrove, yang juga kami pasang di daerah-daerah pesisir sehingga bisa mengurangi bencana yang datang," katanya.

Baca juga:
Menteri LHK tinjau Taman Nasional Ujung Kulon pascatsunami
Pandeglang tetapkan masa transisi pasca-bencana hingga April

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ribuan warga Pandeglang meriahkan Festival 1 Muharam

Komentar