counter

Dari Peru, Trinity "Naked Traveler" siapkan karya baru

Dari Peru, Trinity "Naked Traveler" siapkan karya baru

Trinity dalam peluncuran seri terakhir "The Naked Traveler 8: The Farewell" di Jakarta, Jumat (11/1/2019). (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA News) - Travel blogger Trinity sedang mengerjakan karya baru setelah dua bulan menjalani Residensi Penulis di Peru dan Bolivia.

Penulis seri buku "The Naked Traveler" adalah salah satu peserta program dari Komite Buku Nasional dan Program Beasiswa Unggulan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018.

"Oleh-oleh" dari Peru dan Bolivia ini akan jadi pelipur lara penggemar tulisan Trinity yang harus mengucapkan selamat tinggal pada buku "The Naked Traveler" yang berakhir pada edisi ke-8.

Pelancong yang sudah mengunjungi 88 negara itu pergi ke Peru untuk mengumpulkan bahan riset terkait misionaris Katolik asal Indonesia yang mengabdi di negeri tersebut.

Baca juga: "The Naked Traveler" berakhir, Trinity sedih tinggalkan penggemar setia

"Indonesia sebagai negara yang mayoritas muslim dan minoritas Katolik adalah salah satu negara 'pengekspor' terbesar pastor dan suster di negara mayoritas Katolik," tutur Trinity di Jakarta, Jumat (11/1).

Ide menarik tersebut muncul ketika Trinity mengunjungi negara-negara di Amerika Latin saat sedang melakukan perjalanan keliling dunia selama setahun. 

Dari segelintir orang Indonesia yang ditemui di sana, dia menemukan sebagian di antaranya adalah rohaniawan Katolik yang dihormati oleh para jemaah setempat.

"Banyak yang tidak tahu fakta itu," ujar dia, mengemukakan alasannya mengangkat topik tersebut.

Di negara tersebut, Trinity sibuk mengumpulkan sumber tulisan lewat wawancara hingga mengikuti aktivitas para misionaris. Dia juga sempat mengajar di universitas hingga tampil di gelar wicara  KBRI Lima.

Baca juga: 13 tahun menulis untuk travel, Trinity alami banyak perubahan

Selain buku tentang misionaris di Peru dan Bolivia, Trinity juga masih akan terus menulis di blog. Hingga saat ini, penulis yang ingin hibernasi juga belum memutuskan tujuan jalan-jalan berikutnya.

"Tapi tetap dari dulu targetnya setahun ke satu negara baru."

Trinity pertama kali sebagai pelancong dikenal lewat blog pribadinya pada 2005, hingga akhirnya pengalaman-pengalaman itu dibukukan menjadi delapan seri "The Naked Traveler" yang edisi terakhirnya dirilis pada 11 Januari 2019.

Buku tersebut sudah terjual lebih dari 2.500 eksemplar dalam masa pre-order yang berlangsung pada 13 Desember 2018 - 3 Januari 2019, bahkan sudah dicetak ulang sebelum resmi terbit.

Buku "The Naked Traveler" juga diadaptasi menjadi film layar lebar "Trinity, The Nekad Traveler" (2017) yang dibintangi Maudy Ayunda serta Hamish Daud.

Baca juga: Trinity, "The Nekad Traveler" sebar virus jalan-jalan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov Jabar gandeng STP Bandung kembangkan pariwisata

Komentar