counter

15 ribu ikan nila dilepas di Sungai Kalimas Surabaya

15 ribu ikan nila dilepas di Sungai Kalimas Surabaya

Sejumlah prajurit TNI AL melakukan pembersihan sampah di Sungai Kalimas Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/11/2017). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Kota Surabaya bersama Pelindo 3 melepas sebanyak 15 ribu benih Ikan Nila di Sungai Kalimas Surabaya, tepatnya di sisi timur Monumen Kapal Selam, Minggu.

"Kegiatan ini juga merupakan sebuah kampanye kepada masyarakat agar senantiasa peduli dan menjaga lingkungan di sekitar kita yang diwujudkan dalam bentuk fun bike dan tebar benih 15 ribu ikan di Kalimas," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Joestamadji  saat membacakan pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya.

Acara yang bertajuk "Charity Fun Bike" itu merupakan bagian dari kegiatan HUT bersama anak usaha Pelindo 3 yaitu Terminal Teluk Lamong (TTL), Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) dan Pelindo Marine Service (PMS).

Joestamadji mengaku senang karena jajaran Pemkot Surabaya bersama-sama dengan Pelindo 3 bisa melepas benih ikan di Sungai Kalimas. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk kerja sama antara pemerintah, BUMN dan stakeholkder lainnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan fun bike ini merupakan ajakan agar masyarakat membiasakan diri menggunakan sepeda yang mempunyai manfaat sebagai sarana olahraga, silaturrahmi dan komunikasi dengan sesama serta dapat menjaga kualitas udara. 

Sedangkan kegiatan tebar benih 15 ribu ikan, lanjut dia, merupakan upaya pelestarian lingkungan yang diharapkan dapat menjaga ekosistem sungai Kalimas. "Hal ini menunjukkan adanya kehidupan ikan di sungai menjadi indikator bahwa sungai tersebut memiliki tingkat pencemaran atau polusi yang rendah," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia,  pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pelindo 3 atas kepeduliannya kepada lingkungan. Ia berharap benih ikan yang sudah dilepaskan itu bisa berkembang biak dan semakin memperkuat ekosistem Sungai Kalimas. 

"Semoga kegiatan ini juga dapat mendorong perusahaan-perusahaan lain di Surabaya untuk berperan serta dalam pelestarian lingkungan di Surabaya," ujarnya.

Selain itu, kata dia, wali kota juga berharap kepada masyarakat untuk turut peduli menjaga kelestarian hayati sungai dan diharapkan tidak merusak ekosistem yang ada, seperti kegiatan menyetrum ikan dan melakukan pencemaran sungai. 

"Mari kita sama-sama menjaga agar benih ikan ini terus berkembang biak, karena jika ini terjadi, maka kita juga yang akan menikmatinya," katanya.

 Sementara itu, Direktur SDM Pelindo 3 Toto Heliyanto mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah sinergi untuk menyehatkan badan sekaligus peduli lingkungan, karena dikemas dengan acara "Charity Fun Bike".

Ia juga menjelaskan alasan penebaran ikan di Sungai Kalimas, salah satu alasannya karena Pelindo 3 merupakan pelabuhan milik negara dan merasa turut bertanggung jawab dengan ekosistem dan biota laut. 

"Makanya, manajemen Pelindo 3 memilih Kalimas Surabaya untuk menebar ikan karena muara sungai tersebut berada di Pelabuhan Tanjung Perak. Ini baru pertama kali kami lakukan, fun bike sekaligus tebar ikan," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jateng terkejut lihat Kalimas Surabaya bersih
Baca juga: BBPBAT Sukabumi tebar satu juta ikan di Danau Maninjau
Baca juga: Pekalongan tebar benih ikan di empat sungai

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pelindo III optimalkan pelabuhan di Kotawaringin Timur

Komentar