Kajian berpegang dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), United States Geological Survey (USGS) dan lembaga -lembaga kompeten lainnya
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara didesain tahan terhadap gempa mengingat lokasinya berpotensi terdampak  sesar di kawasan tersebut.

"Kami sudah merampungkan kajian mitigasi risiko gempa secara menyeluruh merujuk ketentuan internasional sejak 2017," kata Tenaga Ahli PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), Didiek Djawadi di Jakarta, Minggu.

Aspek kegempaan ini, kata Didiek, sudah disampaikan terbuka dalam banyak kesempatan, baik even nasional, maupun di tingkat Sumut. Terakhir, pada saat diskusi "Dinamika Tektonik & Potensi Bahaya Gempa Segmen Toru,  yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, bulan lalu yang dihadiri  pemangku kepentingan, akademisi, dan juga kelompok-kelompok masyarakat.

Didiek menekankan, adalah keliru jika menyangka pembangunan proyek sebesar PLTA tidak dilandasi kajian kegempaan. Justru aspek ini sangat serius ditangani, dan melibatkan ahli berkompeten untuk itu kajian  tidak hanya sebatas sesar aktif yang ada di Batangtoru, melainkan, mengkompilasi data kegempaan hingga radius 500 kilometer dari lokasi pembangunan PLTA.

"Kami berpegang data  dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), United States Geological Survey (USGS) dan lembaga lainnya," ujar dia.
 
Kombinasi analisa kejadian gempa sebelumnya dan survei termutahir, itulah yang menjadi kesimpulan tim ahli. Rekomendasi yang disampaikan sangat mempertimbangkan kemampuan bangunan menerima efek dari potensi gempa itu sendiri.

Secara terpisah, Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sukmandaru Prihatmoko menyatakan, hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat patahan (sesar) bumi aktif, kecuali di Kalimantan.  

"Ini berarti pembangunan infrastruktur harus mendapat perlakuan khusus untuk meminimalisasi risiko jika terjadi aktivitas geologi seperti gempa. Ada pekerjaan enginering yang lebih. Misalnya penguatan bangunan secara teknis sipil,” katanya.

Menurut Sukmandaru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merilis beberapa Standard Nasional Indonesia (SNI) dan kode bangunan yang harus diikuti sehingga memiliki ketahanan gempa sampai skala tertentu. 

"Memang ini akan berdampak pada biaya yang lebih tinggi, tapi mesti kita ikuti," katanya.

Ditanya soal berapa jarak aman wilayah yang bisa dibangun jika ada patahan yang mencuat ke permukaan (rupture), Sukamandaru mencontohkan, di San Adreas, salah satu kota paling rawan gempa di Amerika  Serikat, bangunan bahkan bisa dibangun dengan jarak 15 meter dari garis patahan. 

Baca juga: Pemerintah minta Amdal PLTA Batang Toru diperbaiki
Baca juga: PLTA ramah lingkungan dan pacu investasi
Baca juga: BSN Keluarkan Standarisasi Konstruksi Baru Tahan Gempa

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019