Bank sampah ini saya dirikan karena rasa kurang nyaman terhadap sampah yang berserakan
Banyumas, Jateng (ANTARA News) - Warga Desa Kutasari RT01/RW 02, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengembangkan Bank Sampah "Inyong" sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

"Bank sampah ini saya dirikan karena rasa kurang nyaman terhadap sampah yang berserakan. Kebetulan suami saya menjadi ketua RT, sehingga mencoba mendirikan bank sampah ini," kata Ketua Pengelola Bank Sampah "Inyong", Nurhayatni, di Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Senin.

Pada awalnya, kata dia, belum semua warga yang mau menabung di Bank Sampah "Inyong" karena masih bersifat sukarela dan terbatas untuk lingkungan RT01/RW02.

Oleh karena ketekunan dan lingkungan makin terlihat bersih, lanjut dia, warga RW 02 ikut menabung di Bank Sampah "Inyong" yang siap melayani selama 24 jam termasuk menjemput sampah di rumah anggotanya.

Ia mengakui jika hingga saat ini, masih ada warga yang belum memahami konsep bank sampah sehingga ada yang meminta uang atas sampah-sampah yang dikumpulkannya.

"Masyarakat di sini macam-macam, ada yang memang ditabung, ada yang langsung minta dibayar, bahkan ada yang minta barter dengan beras dan jajanan. Semua saya layani karena kebetulan saya juga berjualan," katanya.

Atas ketekunan dan kepedulian Nurhayatni dalam mengelola Bank Sampah "Inyong" secara mandiri, dia pun mendapat perhatian dari berbagai pihak sehingga memperoleh bantuan berupa mesin pencacah sampah organik berukuran sedang termasuk komposter untuk membuat kompos.

Sementara untuk sampah anorganik, ujarnya dijadikan berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

"Mulai hari ini, Pemerintah Desa Kutasari menjadikan Bank Sampah 'Inyong' sebagai bank sampah tingkat dusun karena tempat pembuangan sampah di Dusun 1 ditutup seiring dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang menerapkan konsep pengelolaan sampah yang bertumpu pada pengurangan sampah dengan memilah dan mengurangi sampah dengan pembangunan hanggar di beberapa titik," demikian Nurhayatni.

Baca juga: Tempat pembuangan sampah Kaliori kembali dibuka

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019