counter

Pemprov Jambi komitmen wujudkan Pelabuhan Ujung Jabung

Pemprov Jambi komitmen wujudkan  Pelabuhan Ujung Jabung

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar (kiri) dan Dirut PT Pelindo II (Persero)/IPC Elvyn G Masassya (kanan) memaparkan rencana pengembangan di Jambi, Kamis (13/12/2018). Kegiatan tersebut membahas rencana pengembangan Pelabuhan Talang Duku di Muarojambi dan pembangunan Pelabuhan Muara Sabak di Tanjungjabung Timur. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/foc.

Jambi (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tetap berkomitmen mengoptimalkan tahapan proses pembangunan  Pelabuhan Ujung Jabung dalam upaya peningkatan daya saing daerah itu.

"Secara bertahap proses pembebasan lahan, pembangunan jalan dan jembatan akses menuju Ujung Jabung dan kesiapan utilitas lainnya terus dilaksanakan dan selain itu juga secara simultan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran Rp222,9 miliar untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung yang ditargetkan selesai 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra, di Jambi Senin.

Dengan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat itu juga sudah ada pembangunan yang terealisasi seperti pengerjaan turap dan membangun secara simultan termasuk sarana prasarana seperti jalan menuju pelabuhan tersebut.

Pelabuhan Ujung Jabung tepatnya di Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur itu merupakan salah satu pelabuhan yang dikembangkan oleh Pemprov Jambi sebagai salah satu solusi akibat tidak tersedianya outlet dan pusat distribusi di provinsi itu.

Varial juga mengungkapkan, pada 2018 lalu dialokasikan anggaran sebesar Rp38 miliar yang direncanakan untuk pekerjaan Pelabuhan CPO, pengadaan dan pemancangan end tower and platform, pengadaan dan pemancangan middle tower; serta pengadaan dan pemancangan breasthingdolphin.

Namun pekerjaan itu tidak dapat dilaksanakan dikarenakan sampai saat ini status penganggarannya masih bertanda bintang dan agngaran yang bertanda bintang oleh Kementerian Perhubungan diupayakan akan disalurkan pada tahun 2019.

Kawasan Pelabuhan Ujung Jabung di perairan timur Jambi itu dibangun di atas lahan seluas 4.200 hektare dan kawasan tersebut juga sudah ditetapkan sebagai kawasaan strategis yang dipertegas melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jambi.

Pelabuhan Ujung Jabung diharapkan bisa menjadi kawasan ekonomi terpadu Provinsi Jambi yang dapat menopang ekonomi strategis daerah berupa pertanian, perkebunan dan pertambangan atau migas.

Baca juga: Pelabuhan Ujung Jabung diupayakan masuk tol laut
Baca juga: Menko Maritim upayakan Ujung Jabung masuk tol laut

Baca juga: Ekonomi Jambi tumbuh pesat

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar