Jakarta (ANTARA News) - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan toko online Samsung.com Shop, platform belanja melalui situs resmi produsen gawai asal Korea Selatan tersebut.

"Samsung.com dulu belum fokus berjualan langsung ke konsumen, sementara tren belanja online semakin tinggi. Maka, kami siapkan platform untuk berjualan langsung," kata Direktur Pemasaran Korporat Samsung Electronics Jakarta, Elvira Jakub, saat peluncuran di Jakarta, Selasa.

Samsung melakukan pendekatan yang terbalik dalam membuat platform jualan online ini. Mereka lebih dulu bermitra dengan e-commerce lokal untuk membuka toko resmi, baru kemudian memiliki toko online sendiri di Samsung.com.

Menurut Elvira, butuh waktu yang lama untuk menyiapkan sistem back-end platform ini karena sejak awal mereka tidak mengkhususkan situs tersebut untuk berjualan.

Data dari Samsung, tedapat 60 juta pengunjuk unik (unique visitor) yang datang ke situs tersebut pada 2018 lalu, pertumbuhannya 12 persen dari tahun ke tahun sejak 2016.

Di situs resmi Samsung, konsumen mencari informasi mengenai sebuah produk, termasuk kelebihan-kelebihan produk tersebut, serta penawaran terbaru.

Situs belanja ini dirancang untuk menjadi tempat konsumen mencari tahu segala hal tentang produk Samsung.

Saat ini, Samsung Indonesia sedang menyiapkan agar situs tersebut memiliki ulasan hingga tips dan trik bagi konsumen. Sementara ini mereka menyediakan kategori memasak, olah raga, jalan-jalan dan hiburan.

Samsung.com Shop baru menyediakan produk gawai dan aksesoris, namun, dalam waktu mendatang mereka juga akan berjualan produk lainnya seperti kategori peralatan rumah tangga berupa televisi, kulkas dan mesin cuci.

Pilihan toko online Samsung.com Shop diharapkan dapat menjadi alternatif tambahan bagi konsumen yang ingin membeli produk selain dari toko resmi di e-commerce maupun melalui toko langsung yang tersebar di pusat perbelanjaan.

"Biar konsumen yang memilih, mau offline, online atau melalui mitra. Ini alternatif untuk konsumen," kata Elvira.

Samsung hingga saat ini memiliki toko resmi antar lain di Shopee, Blibli.com dan Lazada Indonesia.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019