Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan jasa pengiriman Lion Express dengan merek dagang Lion Parcel siap melayani pengiriman oleh-oleh dari pelancong terkait akan diberlakukannya pembatasan jumlah bagasi dan barang bawaan penumpang oleh maskapai-maskapai domestik.

"Mungkin waktu pulang oleh-olehnya yang dikirim oleh Lion Parcel. Lebih mungkin oleh-oleh yang dia bawa, dikirimnya (ke rumah) pakai Lion Parcel," ujar CEO Lion Express Farian Kirana di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya mendukung kebijakan pembatasan bagasi sebagai hal positif bagi maskapai, mengingat dengan mengurangi jumlah bagasi atau oleh-oleh yang dibawa pelancong dalam jumlah berlebihan dapat mempercepat waktu boarding pesawat serta mengurangi kemungkinan penundaan atau delay.

Farian juga mengatakan bahwa layanan khusus dari Lion Parcel untuk pengiriman oleh-oleh sudah tersedia, dan pihaknya terus mengajak beberapa penjual oleh-oleh di daerah-daerah untuk bekerja sama.

"Kita ajak mereka bekerja sama untuk menjadi agen kita juga, jadi mereka tetap mendapat cashback dari pengiriman. Beberapa oleh-oleh sudah mulai bekerja sama dengan kita," ujar Farian setelah menerima Sertifikat ISO 9001:2015.

Sebelumnya, sejumlah maskapai domestik seperti Lion Air, Wings Air dan Citilink akan memberlakukan kebijakan tarif bagasi dan barang bawaan untuk layanan penerbangan domestik.

Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, mengatakan Lion Air dan Wings Air akan tidak lagi memberlakukan barang bawaan dan bagasi terdaftar secara gratis atau cuma-cuma (free baggage allowance) efektif per 8 Januari 2019 sampai batas waktu yang tidak ditentukan (until further notice/UFN).

Ada pun ketentuan barang bawaan dan bagasi, yaitu seluruh penerbangan domestik Lion Air tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma 20kg per penumpang, dan seluruh penerbangan domestik Wings Air tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma 10kg per penumpang.

Calon penumpang Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (tour and travel), situs resmi Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.
 
Penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra atau kelebihan atas bagasi yang ditetapkan (Excess Baggage Ticket). Hal ini sebagai bagian upaya membantu setiap pelanggan dalam meminimalisasi biaya tambahan yang relatif tinggi karena kelebihan bagasi.
***1*** (KR-AJI)

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2019