counter

Penjualan Toyota Avanza tembus 1,7 juta unit dalam 15 tahun

Penjualan Toyota Avanza tembus 1,7 juta unit dalam 15 tahun

New Toyota Avanza Veloz (Risbiani Fardaniah)

Toyota Avanza tetap menjadi kendaraan yang terlaris
Jakarta (ANTARA News) - Penjualan Toyota Avanza yang diproduksi di Indonesia menembus angka lebih dari 1,7 juta unit dalam 15 tahun, sejak diperkenalkan pada akhir 2003.

"Sampai saat ini Avanza masih memberi kontribusi penjualan tertinggi kami," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pada Januari-Desember 2018 penjualan Toyota Avanza yang membidik segmen pasar keluarga itu mencapai 82.167 unit, dengan pangsa pasar mendekati 28,7 persen dari total pasar kendaraan serbaguna kecil (low multi-purpose vehicle/MPV).

Diakuinya, dengan banyaknya pemain otomotif yang masuk ke segmen LMPV di Indonesia, persaingan semakin ketat dan pangsa pasar Toyota Avanza turun dibandingkan tahun 2017 yang mencapai sekitar 30 persen.

"Tapi Toyota Avanza tetap menjadi kendaraan yang terlaris dengan rata-rata penjualan mendekati angka 7.000 unit per bulan," kata Henry.

Untuk mempertahankan posisi market leader, meningkatkan volume penjualan, dan pangsa pasar, Toyota Indonesia melalui TAM, hari ini (15/1) meluncurkan New Avanza dan New Veloz (varian tertinggi Avanza) yang merupakan penyegaran dengan desain yang lebih stylist dan modern.

Baca juga: Toyota luncurkan Avanza-Veloz baru, ini daftar harganya

"Kami berharap dengan New Toyota Avanza dan Veloz, pangsa pasar bisa kembali, setidaknya 30 persen tahun ini, dengan penjualan sekitar 90 ribu unit sampai akhir 2019," kata Henry.

Ia optimistis pasar otomotif secara nasional akan tumbuh sekitar lima persen tahun ini, yang akan mendongkrak penjualan Toyota di Indonesia, terutama Avanza.

Baca juga: Alasan Toyota tak naikkan harga Avanza - Veloz baru


Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Toyota investasi Rp28 triliun mobil listrik di Indonesia

Komentar