Banjir dan longsor landa sejumlah wilayah Pasaman Barat

Banjir dan longsor landa sejumlah wilayah Pasaman Barat

Dokumentasi - Jembatan semi permanen yang rusak akibat banjir di Jorong Lubuk Gobing, Nagari Silaping, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Rabu (17/10/2018). (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/wsj.)

Simpang Empat, Sumbar, (ANTARA News) - Bencana longsor dan banjir terjadi di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa (15/1) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo, di Simpang Empat, Rabu, membenarkan longsor dan banjir terjadi di sejumlah titik.

Ia mengatakan longsor terjadi di daerah Bateh Samuik, Kecamatan Talamau di tiga titik dengan ketinggian tanah tiga meter, panjang 20 meter dan lebar delapan meter.

"Akibat longsor ini, arus transportasi terputus hingga Rabu siang ini. Saat ini sejumlah personil membersihkan material longsor," katanya.

?Selain itu satu rumah ambruk di Jorong Bateh Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, milik Sariyati akibat tingginya curah hujan dengan tanah yang labil.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Saat ini petugas membantu warga yang mendapat kemalangan itu," ujarnya.

Selain longsor, juga terjadi banjir setinggi 50 centimeter di Batang Saman akibat meluapnya Sungai Batang Saman.

"Sejak Selasa (15/1) malam kami membantu evakuasi peralatan rumah dan siaga di wilayah Batang Saman," ujarnya.

Pihaknya juga telah menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada warga korban bencana, juga menyalurkan bantuan terpal untuk korban yang rumahnga ambruk.

Ia mengimbau kepada warga agar tetap waspada terkait curah hujan yang tinggi saat ini karena wilayah Pasaman Barat sangat rawan banjir, longsor dan abrasi.*


Baca juga: Satu korban hanyut di Pasaman Barat ditemukan tidak bernyawa

Baca juga: Banjir berangsur surut di Pasaman Barat

Baca juga: Banjir putuskan jalur Pasaman Barat - Madina, Sumut


 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Banjir hantam Pulau Kyushu, puluhan orang dikhawatirkan tewas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar