Jakarta (ANTARA News) - Operator liga di Indonesia PT Liga Indonesia Baru (LIB) belajar pengelolaan kompetisi dari operator Liga Spanyol, La Liga yang dianggap sukses mengembangkan kompetisi di negaranya sehingga menjadi salah yang terbaik di dunia.

Kerja sama keduanya diresmikan dalam sebuah nota kesepahaman (MoU) ditandatangani di Jakarta, Rabu. PT LIB diwakili CEO Risha Adiwijaya, sementara La Liga diwakili Managing Director untuk Asia Tenggara, Jepang, Korea dan Australia Ivan Codina.

"Kami berharap mendapatkan ilmu dari La Liga dan membuat kompetisi sepak bola nasional menjadi lebih baik," ujar Risha Adi Wijaya dalam acara penandatanganan MoU dengan La Liga di Jakarta, Rabu.

Risha melanjutkan, tindak lanjut dari MoU tersebut, LIB dan La Liga akan bermitra dalam berbagai hal seperti manajemen, keorganisasian, pemasaran, manajemen keuangan, keamanan stadion, administrasi, integritas, pengaturan pertandingan dan internasionalisasi merk.

Pihak La Liga akan memberikan bantuan dan wawasan kepada LIB dalam hal pemberantasan pengaturan skor. Terkait dipilihnya Indonesia dan LIB sebagai mitra kerja sama, La Liga punya alasan sendiri.

Ivan Codina menyebut, Indonesia merupakan pasar utama sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Ditambah lagi liganya, terutama Liga 1 Indonesia, pada 2018 mendapatkan penghargaan terbaik ketiga kategori "Best Developing Football League of The Year" dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Sports Industry Awards.

"Kami dengan LIB sudah menjalin kerja sama dalam dua tahun terakhir. Kami ingin mempererat ini. La Liga hadir untuk memberikan bantuan dalam hal pengembangan sepak bola lokal," tutur Ivan.

Sebagai informasi, kerja sama La Liga dengan LIB akan berlangsung selama tiga tahun.

Selain semua hal yang disebutkan di atas, La Liga juga akan memberikan bantuan kepada Indonesia untuk mengembangkan sepak bola putri. Seperti diketahui, sepanjang sejarah persepakbolaan nasional, Indonesia belum memilik kompetisi liga sepak bola putri yang berjalan rutin setiap tahun. 
Baca juga: LIB akan terus benahi Liga 1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019