Jakarta (ANTARA News) - Wahbi Khazri mengemas dwigol ketika St Etienne menang 2-1 atas tamunya Olympique Marseille dalam pertandingan Liga Prancis yang dimainkan di Stade Geoffroy Guichard, St Etienne, Prancis pada Kamis dini hari WIB.

Kedua gol tersebut tercipta melalui eksekusi penalti pada menit ke-57 dan gol penentu kemenangan pada menit ke-88', sedangkan Marseille memimpin terlebih dahulu pada menit ke-16 melalui gol Kevin Strootman.

Hasil ini membawa Les Verts naik ke peringkat ketiga pada klasemen Liga Prancis dengan 36 poin, sedangkan Marseille tertahan di peringkat kesembilan dengan 28 poin.

Marseille unggul terlebih dahulu melalui gol mantan pemain AS Roma Strootman pada menit ke-16. Florian Thauvin mengirimkan umpan silang untuk disambar tandukan Strootman.

Loic Perrin menanduk bola melebar pada menit ke-25 ketika St Etienne berupaya menyamakan kedudukan sedangkan Khazri dibuat frustrasi oleh Luiz Gustavo (32') saat Marseille, yang menelan kekalahan pada sembilan pertandingan tandangnya, menggenggam keunggulan menjelang turun minum.

Namun situasi berubah pada babak kedua. Ole Selnaes memaksa Steve Mandanda melakukan penyelamatan pada menit ke-55, sebelum terjadi intervensi VAR untuk menghadiahkan penalti kepada St Etienne akibat pelanggaran yang dilakukan kiper Marseille terhadap Khazri, dan Khazri sendiri yang sukses mengeksekusi penalti.

St Etienne semakin agresif pada fase akhir pertandingan, ketika Khazri melepaskan tembakan lain yang mengancam Mandanda pada menit ke-80, dan Yannis Salibur melakukan hal yang sama pada menit ke-87, sebelum Khazri melepaskan tembakan yang berbuah gol untuk membawa tuan rumah mendulang kemenangan menjelang pertandingan derby pada Minggu.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya, AS Monaco hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tamunya Nice. Nice unggul terlebih dahulu melalui gol Allan Saint-Maximin pada menit ke-30, sebelum Benoit Badiashile menyamakan kedudukan pada menit ke-50.

Hasil tersebut belum mampu mendongkrak Monaco dari zona degradasi, tempat mereka kini menduduki peringkat ke-19 dengan 15 poin.

Tim juru kunci Guingamp meraih kemenangan 2-1 saat menjamu Rennes. Guingamp unggul melalui gol Felix Eboa Eboa (40') dan Lucas Deaux (59'), sebelum kemudian Mbaye Niang (86') memperkecil ketertinggalan Rennes.

Toulouse bermain imbang melawan tamunya Lyon dengan skor 2-2. Jimmu Durmaz membawa tuan rumah unggul terlebih dahulu (12'), sebelum kemudian menggandakan keunggulan timnya melalui eksekusi penalti (74'), namun Lyon mampu menyamakan kedudukan melalui gol Moussa Dembele (75') dan Nabil Fekir (87').

Laga antara dua tim papan tengah, Nimes melawan Nantes berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 bagi Nimes. Gol semata wayang di laga ini dibukukan oleh Sofiane Alakouch (64').

Baca juga: Strasbourg amankan tiga poin di kandang Toulouse

Baca juga: PSG kembali ke jalur kemenangan setelah taklukkan Amiens

Baca juga: Cavani ogah balik ke Napoli

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019