counter

Gempa 5,7 SR guncang Sabang

Gempa 5,7 SR guncang Sabang

Ilustrasi - Pakar Kebencanaan dan Peneliti di Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala Muksin Umar mempresentasikan tentang potensi gempa disela acara laporan bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) di Banda Aceh, Aceh, Rabu (2/1/2019). Muksin Umar menyebutkan Provinsi Aceh memiliki lima sesar (patahan) aktif yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan gempa bumi dalam skala besar dan kecil. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter (SR) mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh dan tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

"Gempa 5,7 SR di Sabang dititik koordinat 7.09 LU, dan 93.97 BT tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto di Sabang, Kamis.

BMKG mencatat, gempa bumi 5,7 SR mengguncang Kota Sabang tepatnya pada pukul 09.53 WIB dan pusatnya 202 Km Barat Laut Kota Sabang, Provinsi Aceh.

"Kita mengimbau kepada semua warga Sabang tidak panik, karena gempa tersebut sangat jauh dari Pulau Weh (Sabang), dan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U.

Seorang warga Sabang, Faisal mengaku merasakan getaran gempa bumi tersebut. Namun, tidak berlangsung lama.

Gempa bumi tersebut juga dirasakan warga Banda Aceh dan sekitarnya.*


Baca juga: Gempa 4,7 SR di 133 kilometer dari Sabang tak picu tsunami

Baca juga: Gempa 5,1 SR di Sabang tidak berpotensi tsunami


 

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar