Sabang, Aceh, (ANTARA News) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Muhammad Amin, menyatakan semua wilayah dipastikan aman pascaterjadinya gempa bumi berkekuatan 5,7 skala richter (SR).

"Gempa 5,7 SR pada pukul 09:53 Wib jaraknya 202 km barat laut Kota Sabang dan hasil pantauan kami semua wilayah di Sabang aman untuk dikunjungi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang, Muhammad Amin di Sabang, Kamis.

Ia mengaku, sebagian warga Sabang ada yang tidak merasakan getaran gempa tersebut. Warga kepulauan paling barat Indonesia pun kembali beraktivitas sebagaimana biasanya.

"Kami sudah keliling ke sejumlah lokasi dan semuanya saat ini saya pastikan aman pasca gempa bumi," katanya lagi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi 5,7 SR mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh pada titik koordinat 7.09 LU, dan 93.97 BT tidak berpotensi tsunami.

"Gempa 5,7 SR pusatnya, 202 km Barat Laut Kota Sabang, Provinsi Aceh tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto.

Siswanto mengimbau kepada semua warga Sabang untuk tidak panik, karena gempa tersebut sangat jauh dari Pulau Weh (Sabang), dan dipastikan tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

"Gempa 5,7 SR pada titik koordinat 7.09 LU dan 93.97 BT di kedalaman 165 km. Dan lokasinya dekat dengan Pulau Nicobar India," sebut Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U.*


Baca juga: Gempa Sabang akibat subduksi Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia

Baca juga: Gempa 5,7 SR guncang Sabang


 

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019