Jakarta (ANTARA News) - Pekan lalu, sejumlah selebritis Hollywood memperdebatkan apakah diet keto benar-benar menyehatkan.

Semua dimulai oleh pelatih kebugaran Hollywood Jillian Michaels yang menyebut diet keto rendah karbo adalah "sebuah hal yang buruk karena jutaan alasan."

"Aku tak paham. Kenapa orang bisa berpikir itu adalah ide yang bagus?" kata Michaels.

Pernyataan itu pun langsung mendapat tanggapan dari selebriti yang pro diet keto seperti pembawa acara "Today" Al Roker dan presenter Andy Cohen.

"Jadi @JillianMichaels mengatakan kalau #Keto adalah ide yang buruk. Ini dari seorang wanita yang tenar gara-gara bullying kamera, perampasan, manipulasi dan lebih banyak lagi atas nama penurunan berat badan. Sekarang itu terdengar seperti ide yang buruk," cuit Al Roker di akun Twitter miliknya.

Jadi, apakah sebenarnya diet keto itu, dan apakah menyehatkan? Berikut ulasannya dilansir Time, Kamis (17/1).

Diet ketogenik alias keto sudah dipakai oleh para profesional medis untuk mengobati kejang hampir seabad lamanya. Baru-baru ini, metode itu populer dipakai orang untuk menurunkan badan serta membentuk otot.

Metodenya adalah dengan menghilangkan konsumsi karbohidrat, namun makan banyak protein dan lemak.

Orang yang diet keto diwajibkan mendapat 80 persen kalorinya dari lemak dan sisanya dari protein, dengan konsumsi karbohidrat seminimal mungkin.

Artinya, kalau mau diet keto maka seseorang harus makan banyak daging, produk-produk olahan susu, mentega, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak, dan justru menghindari padi-padian, karbohidrat, buah-buahan dan sayur.

Itu sangat berbeda dengan Pedoman Diet AS untuk orang Amerika, yang mengatakan antara 45 dan 65 persen kalori harian harus berasal dari karbohidrat.

Diet ini dimaksudkan untuk mendorong tubuh ke kondisi ketosis, atau membakar lemak untuk menghasilkan energi.

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama tubuh, jadi tanpa karbohidrat, tubuh harus menemukan sumber energi lain. Dalam hal ini, keton itu, atau molekul pembawa energi ditemukan dalam lemak. Para pendukung metode diet ini mengatakan keadaan ketosis membantu fungsi tubuh lebih efisien dan memacu penurunan berat badan.

Tahun ini, US News & World Report menyebut keto diet adalah cara terbaik kedua untuk penurunan berat badan cepat.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa keto dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka pendek, dan berpotensi membantu mencegah atau membalikkan obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit hati berlemak.

Tetapi para ahli tidak yakin bagaimana ketosis mempengaruhi tubuh dari waktu ke waktu, dan beberapa dokter memperingatkan bahwa pembatasan yang parah seperti itu tidak dapat dilakukan secara terus menerus.

"Diet ketogenik dan diet rendah karbohidrat lainnya bisa sangat bahaya kalau dijalankan dalam jangka panjang, dan kemungkinan efek samping belum ditemukan," kata Dr. David Ludwig, seorang profesor nutrisi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, mengatakan kepada Time pada 2016. “Biasanya, pembatasan parah seperti itu tidak diperlukan."

Meski para ahli merekomendasikan mengurangi karbohidrat olahan, seperti roti putih dan makanan ringan, beberapa karbohidrat sangat sehat.

Makanan seperti buah-buahan, ubi jalar dan biji-bijian adalah karbohidrat-berat tetapi juga kaya nutrisi dan serat, dan telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan mulai dari tingkat penyakit kronis yang lebih rendah hingga rentang hidup yang lebih lama.

Sementara itu, meski para ahli pernah mengecam makanan berlemak sebagai penyebab pasti kenaikan berat badan dan penyakit jantung, tetapi studi yang lebih baru telah menemukan bahwa makanan berlemak mungkin tidak berhubungan dengan masalah kardiovaskular, dan mungkin benar-benar menjaga berat badan dengan mengendalikan rasa lapar dan gula darah.

Akhirnya, para ilmuwan semakin mendesak orang untuk mengikuti pola makan nabati yang banyak, baik untuk kesehatan fisik dan lingkungan.

Makan banyak protein hewani - terutama daging merah dan olahan - telah dikaitkan dengan kondisi termasuk penyakit jantung dan kanker, dan memelihara ternak adalah sumber utama emisi gas rumah kaca. 

Sementara sains belum mencapai kesimpulan yang pasti tentang keto, tampaknya diet terbaik adalah yang makan dengan cara mencapai keseimbangan moderat antara kelompok makanan yang berbeda.

Baca juga: Diet ketogen alternatif hidup sehat manusia modern

Baca juga: Mengenal Puasa Daniel yang akan dilakukan Chris Pratt

Baca juga: Ilmuwan ungkap diet ideal untuk manusia dan planet


 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019