Agen travel-media Malaysia promosikan pariwisata Banyuwangi

Agen travel-media Malaysia promosikan pariwisata Banyuwangi

Sejumlah pendaki menikmati suasana di puncak Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (8/12/2018). Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur sedang menyusun aturan baru terkait pembatasan jumlah wisatawan yang mendaki Gunung Ijen pada tahun 2019 supaya tidak melebihi daya dukung dan tampung kawasan. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.

Ajang ini cara mengenalkan Banyuwangi kepada pelaku usaha wisata Malaysia. Kami pertemukan mereka dengan pelaku usaha Banyuwangi dan juga kami ajak mereka merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi, sehingga nantinya mereka bisa mengajak wisatawan un
Banyuwangi (ANTARA News) - Agen travel dan media asal Malaysia ikut mempromosikan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam sebuah kegiatan yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata RI.

Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat, mengatakan acara bertajuk "Product Briefing & Business Matching Banyuwangi Destination" yang dimulai pada pekan ini diikuti 36 pelaku usaha wisata, terdiri atas 16 seller dari Banyuwangi dan 20 agen travel besar dari Malaysia.

Seller dari Banyuwangi antara lain dari hotel, tour operator, pusat oleh-oleh, dan restoran.

"Ajang ini cara mengenalkan Banyuwangi kepada pelaku usaha wisata Malaysia. Kami pertemukan mereka dengan pelaku usaha Banyuwangi dan juga kami ajak mereka merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi, sehingga nantinya mereka bisa mengajak wisatawan untuk datang ke sini," ujar Anas.

Selain itu, katanya, program ini adalah tindak lanjut dari promosi paket wisata program Wonderful Banyuwangi Hot Deals yang didukung penuh oleh Kemenpar. Paket ini diluncurkan sebagai bagian untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Banyuwangi, khususnya saat low season seperti bulan Januari ini.

"Awal-awal tahun biasanya memang `low season`, makanya diluncurkan paket ini yang didukung para pelaku usaha wisata di Banyuwangi. Table Mart yang digelar kemarin itu, adalah salah satu strategi untuk mempromosikan paket ini," kata Anas.

Dalam Wonderful Hot Deals ini, katanya, wisatawan cukup membayar 995 ringgit Malaysia atau berkisar Rp3,8 juta untuk paket wisata ke Banyuwangi, termasuk tiket PP Kuala Lumpur-Banyuwangi dengan pesawat Citilink, menginap dua malam di hotel berbintang di Banyuwangi, transportasi lokal, menikmati sejumlah objek wisata, hingga berkuliner.

Para agen travel ini tampak antusias dengan promosi yang ditawarkan Banyuwangi bagi wisatawan asing. Salah satunya Ramsey Lewis, Manajer Operasional OTDIX Travel & Tours SDN BHD Malaysia, yang mengaku sangat tertarik dengan paket promo ini.

Menurut Ramsey objek wisata Banyuwangi sangat laku dijual.

"Ijen sangat bagus dengan blue-firenya yang cantik. Di sana juga ada penambang belerang yang menjadi atraksi Ijen. Ijen akan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis," ujarnya.

Para agen travel tersebut juga diajak mengeksplore objek wisata selama enam hari, mulai 13-18 Januari, antara lain mengunjungi perkebunan kopi Gombengsari, Kalipuro, untuk melihat pengolahan kopi tradisional, Kawah Ijen, perkebunan Kalibaru, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo dan Bangsring Under Water.

Menurut Ramsey, Banyuwangi kaya akan kearifan lokal. "Di Banyuwangi bisa melihat orang bercocok tanam, menangkap ikan, juga cara menyimpan kopi tradisional. Apalagi di Banyuwangi masih banyak industri kerajinan tangan yang tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY Bramuda mengatakan untuk menggaet wisatawan Malaysia pihaknya juga mengagendakan kegiatan promosi lainnya, seperti famtrip untuk pelaku wisata.

"Mumpung ada promo Banyuwangi Wonderful Hotdeals yang berlangsung hingga 31 Maret 2019, kami akan gencar membuat acara yang intinya menarik wisatawan Malaysia," kata Bramuda.

Sebelumnya, pada Desember 2018 puluhan blogger dan media travel Malaysia juga telah diundang ke Banyuwangi yang difasilitasi Kemenpar.
 

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bupati Pandegalang ingatkan warganya untuk manfaatkan redistribusi tanah

Komentar