counter

Menkominfo sebut Indonesia merdeka internet 2020

Menkominfo sebut Indonesia merdeka internet 2020

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (ANTARA News/Arindra Meodia)

Kepulauan Sangihe  (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, tahun 2020 mendatang, tepatnya 75 tahun setelah merdeka, Indonesia akan menikmati kemerdekaan dalam bidang internet.

"Tahun 2020, seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses internet dengan mudah, lancar dan murah. Dengan kata lain, Indonesia sudah memasuki era merdeka internet," kata Menteri Rudiantara di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat.

Menurut Rusdiantara saat uji coba jaringan Palapa Ring Tengah di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna, fasilitas jaringan internet terus ditingkatkan oleh pemerintah guna mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi.

"Dengan berfungsinya fasilitas ini, semua pelayanan kepada masyarakat akan semakin mudah seperti untuk kepentingan sekolah, puskesmas, bandara/pelabuhan serta pelayanan publik lainnya," kata dia.

Ia mencontohkan untuk bidang pendidikan bisa dilakukan  pembelajaran jarak jauh untuk siswa di pelosok oleh para guru serta dosen di lembaga pendidikan yang lebih maju.

Selain itu, banyak pelayanan publik yang sudah menggunakan fasilitas internet untuk perizinan investasi di kota provinsi dan bisa dilakukan dengan mudah.

"Beberapa kota termasuk Jakarta sudah menggunakan fasilitas internet termasuk mengurus izin yang bisa selesai dalam beberapa jam," kata Rusdiantara.

Pada saat uji coba jaringan Palapa Ring Tengah, juga dilakukan video call  dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Bupati Sangihe Jabes Gaghana yang berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek serta pejabat negara lainnya yang berada  di Jakarta dan Bandung.

Baca juga: Menkominfo uji coba jaringan Palapa Ring Tengah
Baca juga: Catatan akhir tahun - Menanti Palapa Ring sambungkan seluruh Indonesia ke internet
 

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar