Denpasar (ANTARA News) - Ratusan personel Polda Bali siap mengamankan kongres tahunan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, 20 Januari 2019.

"Polda Bali akan menggelar Operasi Gapura Agung I untuk mengamankan jalannya kongres PSSI ini," kata Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya di Denpasar, Jumat malam.

Mantan Direktur Intelkam Polda Bali ini mengatakan, Polda Bali akan menerjunkan 220 personel gabungan dari Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polres Gianyar. Ratusan personel tersebut akan melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing-masing.

Ia menegaskan, Operasi Gapura Agung-I akan digelar 19-20 Januari 2019 dengan mengedepankan kegiatan preventif yang didukung dengan kegiatan preemtif, intelijen, penegakan hukum kuratif dan rehabilitasi.

Hal ini dilakukan guna mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Kongres Tahunan PSSI 2019 serta mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dan aman.

"Polda Bali sudah siap mengamankan kongres tahunan PSSI ini. Meskipun tidak ada membahas agenda besar, kami tidak boleh under-estimate dan akan tetap melaksanakan pengamanan secara maksimal dan sesuai Standar Operasional Prosedur," katanya.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Kongres PSSI, Roni mengatakan kegiatan rutin tahunan ini membahas laporan hasil kinerja PSSI Tahun 2018 dan menyampaikan rencana kerja di tahun 2019, yang akan dihadiri sekitar 250 orang terdiri atas pengurus liga 1, 2, 3, asisten provinsi (Asprov) dan peninjau.

"Kongres ini akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang saat ini juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara, Kemenpora RI dan Pengurus FIFA," katanya.

Dalam kongres nanti juga menyerap aspirasi, masukan, saran dan usulan serta pengesahan anggota baru. "Apabila ada usulan, tidak akan langsung diputuskan saat kongres tahunan ini, tapi akan dibahas pada kongres berikutnya," ujar Roni usai mengikuti rapat di ruang Rapat Biro Ops Polda Bali.

Roni juga memaparkan tentang kegiatan para delegasi selama berada di Bali. "Setelah mengikuti kegiatan kongres, para peserta akan melaksanakan pertandingan sepak bola di Stadion Kapten Wayan Dipta, Gianyar," katanya.

Baca juga: PSSI: Timnas U-16 dan U-19 jadi bahasan penting dalam kongres

Baca juga: PSSI: Ada potensi penggantian anggota Exco di kongres

Pewarta: Made Surya dan Naufal Fikri Yusuf
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019