counter

Kaimana-Papua Barat dua kali diguncang gempa 4,1 SR

Kaimana-Papua Barat dua kali diguncang  gempa 4,1 SR

Peta gempa susulan di Kaimana, Papua Barat. (Foto: twiter BNPB Indonesia)

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami
Sorong, Papua,  (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 4,1 Skala Richter dua kali mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Sabtu, namun tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi pertama berkekuatan 4,1 Skala Richter terjadi pada pukul 13.26 WIT dengan kedalaman 30 kilometer.

Lokasi gempa pada koordinat 4,21 lintang selatan dan 133.99 bujur timur yang berjarak 64 km laut tenggara Kabupaten Kaimana.

Gempa susulan berkekuatan 4,1 Skala Richter terjadi pada pukul 14.14 WIT dengan kedalaman 12 kilometer. Lokasi gempa pada koordinat 4,31 lintang selatan dan 134.08 bujur timur yang berjarak 79 km laut tenggara Kabupaten Kaimana.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Kaimana tersebut.

Baca juga: Gempa bumi tektonik guncang Kabupaten Kaimana

Baca juga: Gempa 5,5 SR melanda tenggara Kaimana, Papua Barat

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar