counter

Mensos akan tingkatkan lagi dana PKH pada 2020

Mensos akan tingkatkan lagi dana PKH pada 2020

Menteri Sosial Agus Gumiwang (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Garut  (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, dana untuk Program Keluarga Harapan (PKH) akan terus ditingkatkan pada 2020 sebagai upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di seluruh daerah di Indonesia.

"Pada tahun 2020 akan ada peningkatan lagi berkaitan dengan program PKH," kata Mensos usai menemui petugas PKH dan masyarakat penerima PKH di kawasan wisata kolam air panas alami Banyoe Sinergi Mandala, Copong, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menuturkan, selama ini Kementerian Sosial terus meningkatkan alokasi anggaran untuk PKH, pada 2019 dananya mencapai Rp54 triliun, lebih besar dari tahun sebelumnya hanya Rp38 triliun.

Kenaikan dana PKH itu, menurut dia, cukup besar, meksipun begitu Presiden ingin menambahnya lagi dan telah mengarahkan untuk meningkatkan lagi PKH pada 2020.

"Tahun ini sekitar Rp54 triliun di mana sebelumnya anggaran PKH sekitar Rp38 triliun, jadi itu kenaikan yang sangat substansial," katanya.

Ia mengungkapkan, pemerintah berupaya mengentaskan kemiskinan melalui PKH yang hasilnya efektif dan efisien.

"Ini merupakan program syarat efektif dan efisien," katanya.

Seorang penerima manfaat PKH warga Garut Kota, Rini Suryani mengatakan, program tersebut telah banyak membantu perekonomian keluarga.

Dana PKH yang diterima Rini saat ini mencapai Rp2 juta yang digunakan untuk biaya kebutuhan anaknya sekolah seperti membeli seragam, maupun membayar administrasi sekolah.

"Saya berharap program ini terus berlanjut, karena sangat terasa bantuannya, sangat membantu perekonomian keluarga," kata Rini yang suaminya berprofesi sebagai penjual barang bekas.

Penyaluran PKH di Kabupaten Garut tersebut mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo yang langsung meninjau dan berdialog dengan warga penerima PKH.

Baca juga: Penerima bansos kaget bantuan PKH meningkat
Baca juga: 600 ribu lebih peserta PKH telah sejahtera
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penghargaan bagi dua tokoh masyarakat Papua dari Mensos

Komentar