Jakarta (ANTARA News) - Bek PS Tira, Andy Setyo Nugroho, yang tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) tim nasional U-22 menarik perhatian asisten pelatih Nova Arianto.

Pasalnya, menurut Nova, pesepak bola bertinggi badan 180 cm itu memiliki postur tubuh yang baik dan membuatnya ingin mengasah lebih jauh kemampuan bek itu untuk masa depan sepak bola Indonesia.

"Saya punya sedikit fokus ke Andy, karena dia punya postur tubuh yang baik ya. Saya ingin tingkatkan kemampuannya menjadi lebih baik," kata Nova seusai memimpin sesi hari pertama pekan ketiga TC Timnas U-22 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Andy memang cukup menjadi langganan timnas usia dini dan ia sempat mengemban ban kapten Timnas U-19 ketika di bawah arahan Fakhri Husaini.

Pesepak bola yang juga berstatus sebagai prajurit TNI Angkatan Darat dengan pangkat Sersan Dua itu belakangan juga memperkuat Timnas U-23 yang mencapai babak 16 besar Asian Games 2018.

Baca juga: Ancaman degradasi tak buat persaingan di Timnas U-22 meruncing

Kendati memberikan fokus lebih kepada Andy, Nova menyebut bahwa kemampuan para pemain belakang di TC Timnas U-22 cukup merata.

Bahkan, mantan bek Persib Bandung dan timnas Indonesia itu menilai bahwa semua pemain bisa menjadi calon penerusnya.

"Saya pikir hampir merata ya yang di sini punya kemampuan. Ya semuanya bisa menjadi calon penerus Nova Arianto," katanya.

Meski mendapat sorotan dari Nova, Andy tentu tetap harus berjuang untuk mendapatkan tempat utama di Timnas U-22, mengingat di posisi bek tengah terdapat sejumlah nama lain seperti Nurhidayat (Bhayangkara FC), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Bagas Adi (Arema FC), Dandi Maulana (Barito Putera) bahkan Dallen Ramadhan (Bali United).

Baca juga: Promosi-degradasi Timnas U-22 rampung sepekan sebelum bertolak ke Kamboja

Baca juga: Indra Sjafri tetap pantau TC Timnas U-22 lewat "livestreaming"

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019