Abu Dhabi  (ANTARA News) - Striker Ahmed Khalil mengonversi gol dari titik putih di babak perpanjangan waktu menjadi kemenangan Uni Emirat Arab 3-2 atas Kyrgyzstan di babak 16 besar Piala AFC, di Abu Dhabi, Senin.

Pemain pengganti itu melesakkan bola cukup keras ke gawang kiper Kutman Kadyrbekov pada menit ke-102 untuk memastikan tiket ke perempat final melawan Australia.

Setelah gol awal dari Khamis Esmaeel dibalas oleh Mirlan Murzaev di babak pertama, Ali Mabkhout menciptakan gol kedua bagi UEA pada menit ke-64.

Namun UEA yang hampir memastikan kemenangannya di menit-menit akhir babak kedua dikagetkan oleh Tursunali Rustamov yang melesakkan bola hasil tembakan pojok ke dalam gawang tuan rumah untuk menyeimbangkan kedudukan.

Anak asuhan Alberto Zaccheroni sadar harus meningkatkan permaiannya ketika melawan tim debutan Piala Asia itu untuk menjaga asa mereka merebut kembali titel juara di stadion yang sama.

"Permainan yang sulit. Kyrgyzstan adalah tim yang sangat agresif tapi saya ucapkan terima kasih kepada tim saya berkat cara bermain mereka, mereka sangat positif, dan kami meraih tujuan kami untuk lolos," kata 
Zaccheroni seperti dikutip Reuters.

Zaccheroni menilai para pemainnya telah menunjukkan karakter yang hebat walaupun kebobolan di menit ke-92.

Di babak tambahan, wasit tanpa ragu menunjuk titik putih ketika Mabkhout dijatuhkan Bekzhan Sagynbaev di dalam kotak penalti.

Khalil lalu mengeksekusi dengan baik hadiah penalti itu dengan kaki kanannya yang mengirim bola ke sisi kiri bawah gawang.

"Saya tidak pernah membicarakan pekerjaan wasit," kata pelatih Kyrgzstan Aleksandr Krestinin soal keputusan penalti dari wasit.

"Kami butuh mencetak angka ketika pertandingan dan kami memiliki kesempatan. Ini adalah Piala Asia kali pertama bagi kami dan saya yakin ini bukan lah yang terakhir," kata dia.

Baca juga: Taklukkan Arab Saudi, Samurai Biru lolos ke perempat final
Baca juga: Iran kalahkan Oman 2-0 untuk melaju ke perempat final Piala AFC
Baca juga: Ryan pahlawan Australia kalahkan Uzbekistan dalam drama adu penalti
Baca juga: Kalahkan Thailand, China lolos ke perempat final piala AFC

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019