Romo Benny: Integritas kunci utama dalam pendidikan

Romo Benny: Integritas kunci utama dalam pendidikan

Romo Benny Susetyo (FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani)

Jakarta (ANTARA News) - Rohaniawan Romo Benny Susetyo mengatakan integritas merupakan kunci utama dalam mendidik siswa.

"Integritas dalam pendidikan merupakan kunci utama insan-insan manusia merdeka yang memiliki kemandirian berpikir, bertindak, dan bernalar," ujar Benny di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan pendidikan karakter yang bermutu dapat mendidik anak-anak kita memiliki kejujuran, memiliki budaya satria, dan mampu untuk membangun kemandirian.

Ia juga berpesan dalam dunia pendidikan harus menjadikan Pancasila sebagai jiwa dan gerak bangsa, karena Pancasila merupakan ideologi.

"Ideologi itu hanya bisa dibangun dengan kesadaran dari insan-insan pendidikan yang menyadari tentang keutamaan nurani dan integritas," tambah dia.

Pancasila tidak lagi sekadar pedoman dan arah, tetapi menjadi Ideologi kebijakan dalam sistem pendidikan kita, karena di situlah rohnya mencerdaskan kehidupan bangsa di Tanah Air.

"Anda yang bekerja menjadi insan pendidikan hendaknya menyadari integritas, keteladanan, dan pelayanan. Kalau kita memiliki semangat hidup yang optimal. Kalau anda tidak lagi disiplin, kalau anda masih membuang waktu, kalau anda bekerja setengah-setengah berarti anda mengkhianati terang itu, dan terang itu tidak akan ada gunanya kalau tidak menjadi karakter kita,” pesan dia.

Sementara itu Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, meminta agar seluruh pegawai Kemendikbud memiliki semangat melayani.

"Sehingga sekolah-sekolah, para guru, peserta didik seluruhnya mendapatkan layanan yang terbaik. Layanan pendidikan bagi anak-anak di daerah terpencil, di daerah terisolir, dan di daerah terluar layanannya tidak boleh berbeda dengan anak-anak yang ada di perkotaan," imbuh Didik.

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Milenial kata paling populer 2019 versi Kemendikbud

Komentar