New Delhi (ANTARA News) - Perusahaan otomotif India, Bajaj Auto, berencana masuk ke segmen kendaraan listrik pada tahun depan, kata Direktur Pelaksana Bajaj, Rajiv Bajaj, pada Senin (21/1) dilansir kantor berita Press Trust India.

Model kendaraan listrik yang akan diluncurkan pun cukup unik, antara lain Bajai Qute versi tiga roda dan empat roda (quadricycle). Qute quadricycle bermesin konvensional akan diluncurkan pada Maret 2019 di India.

Perusahaan berbasis di Pune itu juga berencana memboyong merek sepeda motor milik KTM, Husqvarna, untuk masuk ke pasar India pada tahun ini.

"Sangat banyak Qute listrik dan roda tiga listrik dalam agenda kami ... Sejalan dengan BS-VI (aturan emisi di India), yang mulai berlaku sejak April tahun depan, sama seperti kami membuat kendaraan bensin dan diesel yang mematuhi BS-VI, itu adalah tujuan kami untuk memperkenalkan kendaraan listrik yaitu Qute dan versi roda tiga," kata Rajiv Bajaj.

Ia menambahkan bahwa Bajaj sedang mencari waktu peluncuran yang tepat karena "ketika Anda berurusan dengan teknologi baru, semuanya menjadi tidak pasti".

Rajiv Bajaj juga menekankan pentingnya transisi dari mesin konvensional menuju kendaraan listrik.

"Ini yang perlu kami lakukan, tidak hanya untuk India tetapi juga untuk banyak pasar yang lain. Masalah polusi, kemacetan dan kebutuhan kendaraan listrik, mobilitas terbagi dan terhubung ada di sana juga," katanya.

Bajaj Auto mulai mengekspor Qute ke 20 negara, namun belum mengaspal di India karena masalah regulasi.

Kendati demikian, Bajaj unggul di beberapa negara tetangga India, antara lain memiliki 70 persen pangsa pasar di Bangladesh dan sekitar 50 persen di Nepal dan Sri Lanka.

Baca juga: Desember 2018 penjualan Bajaj Auto naik 18 persen

Baca juga: Bajaj jelajahi London - India
Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019