counter

Tingkatkan SDM, Sumut jajaki kerja sama pendidikan dengan Singapura

Tingkatkan SDM, Sumut jajaki kerja sama pendidikan dengan Singapura

Wagub Sumut Musa Rajekshah (kiri) bersama Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar di Medan, Rabu (23/1). (ANTARA Sumut/Evalisa Siregar)

Peningkatan SDM merupakan salah satu yang menjadi program utama Pemprov Sumut
Medan (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang pendidikan dengan Singapura untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah itu.

"Peningkatan SDM merupakan salah satu yang menjadi program utama Pemprov Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, usai bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar, di Medan, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, perlu berbagai upaya dilakukan seperti kerja sama dengan Singapura yang dikenal bagus sektor pendidikannya.

"Semua negara menyadari bahwa peningkatan kualitas SDM adalah suatu keharusan," katanya.

Menurut dia, meskipun infrastruktur dan lainnya baik, tetapi jika tidak didukung dengan kualitas SDM yang mumpuni, maka sulit juga untuk maju.

Musa Rajekshah, yang juga akrab disapa dengan Ijeck menegaskan, hubungan kerja sama pendidikan yang diharapkan dengan Singapura itu khususnya di bidang-bidang yang menjadi prioritas pembangunan di Sumut, seperti bidang agraria, rumah sakit dan pariwisata.

"Kerja sama diharapkan berupa pemberian beasiswa untuk pelajar-pelajar Sumut melanjutkan studi di Singapura," katanya.

Dia menegaskan, selama ini hubungan Sumut dan Singapura sudah sangat baik, khususnya di bidang ekonomi.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar mengapresiasi rencana kerja sama dengan Pemprov Sumut di sektor pendidikan.

"Rencana itu akan ditindaklanjuti untuk dibicarakan lebih lanjut sistem kerja samanya," katanya.

Dia nenegaskan, kualitas SDM memang menentukan sekali dalam proses pembangunan. "Singapura terbuka dan siap mendukung Pemprov Sumut," ujarnya.

Baca juga: Universitas Singapura tertarik bangun perguruan tinggi di Sumut
Baca juga: Investor Singapura dominasi investasi PMA Sumut

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar