Dengan kehadiran mereka penyandang disabilitas akan semakin paham terkait pemilu
Medan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Medan merekrut lima penyandang disabilitas sebagai relawan demokrasi untuk membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya menyukseskan Pemilu 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik di Medan, Kamis, mengatakan ke-lima penyandang disabilitas tersebut merupakan bagian dari 55 relawan demokrasi yang mereka rekrut dalam upaya mensukseskan pemilu 2019.

"Ke-lima nya juga sudah melewati sejumlah seleksi yang sebelumnya kami gelar seperti seleksi bekas dan seleksi wawancara," katanya usai mengukuhkan 55 relawan demokrasi untuk Kota Medan.

Ia mengatakan, ke-55 relawan demokrasi yang baru dikukuhkan tersebut masing-masing akan bertugas di 11 segmen basis pemilih yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, tokoh agama, disabilitas, marjinal, komunitas, berkebutuhan khusus, warga internet dan relawan demokrasi.

"Khusus relawan penyandang disabilitas nantinya akan melakukan sosialisasi tentang tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 ke basis khusus disabilitas. Kita harapkan dengan kehadiran mereka penyandang disabilitas akan semakin paham terkait pemilu," katanya.

Perlu diketahui, kata dia, para relawan yang sudah dikukuhkan selanjutnya akan diberi pembekalan terkait pemilu, sehingga akan lebih memahami apa tugas dan kerja mereka nantinya di lapangan, termasuk juga relawan penyandang disabilitas.

Bagi relawan penyandang disabilitas juga diberikan pembekalan khusus, karena memang tugas mereka akan lebih banyak di lapangan mengingat, juga dibutuhkan alat-alat khusus yang nantinya digunakan saat melakukan sosialisasi seperti huruf braile maupun lainnya.

"Jadi pembekalan terhadap mereka juga khusus kita lakukan. Kita harapkan mereka dapat bekerja dengan maksimal sehingga target kita untuk memenuhi target partisipasi pemilih dapat terwujud," katanya.

Baca juga: KPU Medan pastikan kualitas bahan kotak suara

Baca juga: Kualitas dan kuantitas pemilih di tangan relawan demokrasi

Baca juga: Relawan Demokrasi diharapkan tingkatkan partisipasi pemilih

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019